nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Langkah Pakai Hair Dryer Tanpa Merusak Rambut

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 10 November 2018 18:23 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 10 611 1975972 jangan-sampai-salah-ini-5-langkah-pakai-hair-dryer-tanpa-merusak-rambut-PYBmFfQfUN.jpg Hair Dryer. (Foto: Evergreen Beauty College)

TIDAK sedikit orang yang merasa takut ketika mengeringkan rambut dengan hair dryer. Entah itu karena khawatir rambutnya rusak atau kepanasan. Tapi cobalah lihat para penata rambut, mereka tampaknya tidak mengalami masalah untuk menggunakan alat tersebut.

Menurut penata rambut profesional, Stewart Foreman, sebenarnya tidak ada yang salah dengan penggunaan hair dryer. Malah pengering tersebut tidak akan merusak rambut apabila digunakan dengan benar. Melansir Lifestyle, berikut cara yang benar untuk mengeringkan rambut dengan pengering.

Baca Juga: Intip Gaya Liburan Maria Ozawa Pakai Bikini, Bikin Mata Pria Ogah Kedip!

Pengaturan yang benar

Alih-alih mengeringkan rambut dengan pengaturan panas tertinggi, Stewart menyarankan mengatur tingkat panas yang sedang agar membuat rambut kering sekira 70%. Setelah rambut belum begitu kering, maka bisa lebih mudah diatur sesuai gaya. Selain itu, pengaturan tingkat panas juga harus menyesuaikannya dengan ketebalan rambut.

"Jika Anda memiliki rambut tebal, pengaturan kecepatan tercepat adalah yang terbaik. Sedangkan jika rambut Anda lebih tipis dan bertekstur halus, saya merekomendasikan pengaturan kecepatan sedang," kata Stewart.

Posisi yang tepat

Menurut Stewart, saat menggunakan hair dryer pastikan posisinya tidak menempatkan terlalu dekat dengan rambut atau kulit kepala. Sebab itu bisa berisiko membakar rambut. Posisikan jarak antara hair dryer dengan rambut paling tidak 1 cm.

Gunakan perlindungan rambut terhadap panas

Sebelum alat-alat panas menyentuh rambut, selalu pastikan menggunakan beberapa bentuk perlindungan panas guna mencegah kerusakan. Gunakan krim pelembab pada rambut basah sebelum pengeringan dan semprotan pelindung panas.

Baca Juga: Raisa-Hamish Baby Moon ke Tokyo, Intip Kamar Mewah sampai Keseruannya Keliling Kota

Menjaga tetap dingin

Stewart mengatakan agar Anda selalu mengatur hair dryer ke suhu yang tepat agar tidak membakar rambut. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menyiram rambut dengan air dingin sebelum dikeringkan menggunakan hair dryer agar menutup kutikula dan membuat rambut lebih halus.

Sentuhan akhir

 

Jika Anda ingin membuat rambut sedikit bergelombang dengan menggunakan hair dryer, Stewart menyarankan untuk memiringkan kepala ke atas dan menyisiri rambut dengan jari-jari tangan. "Akhiri dengan semprotan atau serum yang bagus untuk tampilan yang halus dan berkilau,” pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini