nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makanan Ini Dijamin Bikin Anda Jerawat, Hindari Sebelum Terlambat

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 09:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 11 298 1976168 makanan-ini-dijamin-bikin-anda-jerawat-hindari-sebelum-terlambat-1tjxjr6D7n.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SETIAP anak muda, terutama perempuan, pasti takut dengan jerawat. Selain terasa sakit ketika tersentuh, jerawat juga sangat mengganggu penampilan. Jerawat bandel yang muncul di wajah dipengaruhi berbagai faktor, salah satunya ialah makanan tidak sehat, tapi sering Anda lahap setiap hari.

Pastinya kalau ada jerawat bandel, bikin Anda tidak percaya diri. Biasanya Anda segera mencari cara instan, yang belum tentu aman.

Terlepas dari itu, ketahui banyak jenis makanan yang mudah memicu jerawat. Dilansir Okezone dari Readersdigest, Minggu (11/11/2018), berikut ulasan selengkapnya yang wajib Anda baca.

Baca Juga: Intip Gaya Liburan Maria Ozawa Pakai Bikini, Bikin Mata Pria Ogah Kedip!

Karbohidrat olahan

Cake, kue kering, muffin, dan roti tawar jadi salah satu makanan favorit banyak orang. Proses karbohidrat olahan ini juga mengandung gula tambahan yang bikin jerawatan.

Sebuah studi tahun 2014 di Journal of Drugs in Dermatology yang meneliti soal jerawat selama dua dekade terakhir menyimpulkan, kemungkinan makanan tinggi glikemik ini selain memicu lonjakan gula darah, efeknya juga bisa mengembangkan risiko jerawat.

Produk susu

Studi American Academy of Dermatology menunjukkan, segelas susu bisa mudah memicu jerawat di wajah. Saat Anda mengonsumsinya, efeknya bisa meningkatkan lonjakan testosteron dan hormon lainnya. Namun, risiko ini bersifat individu, tergantung kondisi tubuh seseorang.

Baca Juga: Raisa-Hamish Baby Moon ke Tokyo, Intip Kamar Mewah sampai Keseruannya Keliling Kota

Junk food

Burger, ayam goreng, dan makanan cepat saji lainnya mengandung lemak trans. Salah satu bahayanya selain memicu obesitas, wajah Anda jadi gampang berjerawat.

Sebuah studi dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics telah membuktikan bahwa seseorang yang hobi makan junk food, wajahnya sering terlihat jerawatan, dibandingkan mereka yang tidak. Tentu untuk mencegahnya, hindari beragam jenis junk food meski rasanya enak dan nikmat.

Asisten Proofesor Departemen Dermatologi Johns Hopkins Rebecca Kazin, MD, mengatakan, sebaiknya setiap hari Anda mengonsumsi sumber makanan antioksidan. Makanan tersebut dapat menetralisir radikal bebas, yang dapat merusak kulit Anda dengan meningkatkan peradangan.

Ada juga beberapa makanan yang dapat meningkatkan kesehatan kulit Anda. Seperti apa saja itu?

Ikan dengan lemak sehat

Salmon, sarden, dan tuna adalah pilihan yang baik yang membantu tubuh Anda mendapatkan omega 3 yang dibutuhkannya. Asam lemak yang sehat ini adalah blok bangunan untuk membentuk sel-sel tubuh kita. Untuk mencegah, makanlah jenis ikan tersebut untuk menambah nutrisi.

Mentimun dan semangka

Makanan yang mengandung air dapat meningkatkan cairan dalam tubuh. Termasuk mentimun dan semangka, dapat menjaga kesehatan kulit agar tetap terhidrasi. Termasuk mencegah timbulnya jerawat dan tetap melembapkan kulit.

Makanan yang kaya probiotik

Yoghurt terkenal dengan probiotiknya, begitu juga dengan miso, kimchi, dan tempe, merupakan sumber non-dairy baik dari bakteri yang bermanfaat. Sebuah tinjauan penelitian dalam Journal of American Academy of Dermatology menunjukkan, seseorang yang mengonsumsi probiotik, dapat menghambat pelepasan protein akibat inflamasi. Selain itu, dapat menurunkan produksi sebum, mencegah pori-pori yang tersumbat.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini