nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terima tantangan Zinc, Ribuan Runners Birukan Ciwidey

Mulyana, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 09:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 11 406 1976172 terima-tantangan-zinc-ribuan-runners-birukan-ciwidey-tdkQOeL42h.jpg Para peserta Zinc Trail Run 2018 (Foto: Mulyana/Okezone)

BANDUNG - Sebanyak 1.000 runners birukan Lapangan Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Minggu (11/11/2018). Mereka mengikuti trail run yang diselenggarakan oleh perusahaan asal Jepang, Zinc.

Zinc menantang pelari yang menyukai tantangan untuk berlari sejauh 15 kilometer. Brand Manager Zinc, Steven Sean, mengatakan, trail run 2018 merupakan kali keempat yang diselenggarakan perusahaannya. Alasan dipilihnya kawasan Ranca Upas sebagai lokasi trail run, sebab medan di area wisata ini cukup menantang, yakni jalannya berbatu, kerikil, menanjak dan menurun.

"Peserta juga bisa menikmati view yang cukup indah. Sebab mereka akan melewati perkebunan kopi, teh, serta Situ Patengan," ujar Steven kepada Okezone di lokasi acara.

zinc 

Lokasi trail run memang sangat cocok dengan spirit yang digelorakan penyelenggara. Sebab, medannya cukup menantang dan bisa memacu adrenalin. Bahkan trail run saat ini konsepnya mengolaborasikan antara olahraga lari dengan hiking.

Meski demikian, lanjut Steven, pihaknya tetap mengawasi jalannya kegiatan ini. Terutama, keselamatan peserta. Trail run sudah sesuai dengan standar pengawasan dari asosiasi lari trail Indonesia (ALTI).

Pihaknya juga menyediakan lima unit ambulans, lima unit motor trail serta kendaraan terbuka. Kendaraan tersebut disiagakan jika ada peserta yang kelelahan atau mengalami kecelakaan. Alasan dipilihnya motor trail dan kendaraan bak terbuka supaya proses evakuasi terhadap korban bisa lebih cepat.

"Tetapi, kita berharap seluruh peserta bisa selamat dari mulai start sampai finish," ujarnya.

Steven menerangkan, animo masyarakat dalam mengikuti trail run sangat tinggi. Dari dua bulan pendaftaran, ada 1.600 warga yang mendaftar untuk mengikuti kegiatan ini. Tetapi, karena mempertimbangkan faktor keselamatan, maka dari 1.600 pendaftar ini diseleksi jadi 1.000 peserta.

Menariknya lagi, dari 1.000 peserta yang ada, 40 persennya merupakan runners pemula pada trek trail run. Biasanya, lanjut Steven, mereka merupakan runners marathon dengan trek jalan datar.

"Sepertinya, pelari yang kali pertama mengikuti trail run ini tertantang dengan medannya. Makanya, mereka jadi peserta dalam kegiatan kami," ujarnya.

Steven menambahkan, trail run juga dimeriahkan oleh kehadiran sejumlah selebriti. Seperti, Andrew White yang merupakan brand ambassador Zinc anti dandruff shampoo. Kemudian, Ibnu Jamil serta Mellisa Karim. Para selebriti ini juga mengikuti trail run sejauh 15 kilometer.

zinc 

Terkait hadiah, lanjut Steven, untuk juara satu mendapatkan uang tunai Rp15 juta, juara dua Rp10 juta, dan juara tiga Rp5 juta. Para pemenang juga berhak atas medali Zinc Trail Run 2018.

Sementara itu, Rizqy Fajar (23) sambil tertatih-tatih mendatangi garis finish Zinc Trail Run. Anggota TNI dari Yon Armed-5 Cipanas, Cianjur ini berhasil menjadi yang pertama memasuki garis finish pertama. Usai melewati garis finish, pria kelahiran Garut ini terpaksa dibawa tim medis, karena mengalami cedera di bagian engkel kakinya.

"Gila, trail run ini medannya paling menantang dan sangat sulit. Sebab, treknya berbatu, licin dan berlumpur. Serta, kami banyak menemukan trek tanjakan dan turunan," ujar peserta yang telah tiga kali mengikuti trail run.

zinc 

Meski demikian, dirinya sangat senang bisa mengikuti trail run. Apalagi dengan kemenangannya ini, dia berharap bisa mengharumkan nama satuannya.

Handoyo, anggota TNI dari Satuan Rider 300 Cianjur, berhasil finish pada posisi kedua. Dirinya mengikuti trail run untuk yang ke tujuh kalinya. Tetapi, trail run kali ini merupakan yang tersulit, sebab medannya licin dan berlumpur. 

"Jika tidak hati-hati, kita bisa terjatuh atau tergelincir," ujar pria kelahiran Cirebon ini.

Handoyo termotivasi mengikuti trail run karena ingin memgembangkan minat dan bakat. karena di satuannya Handoyo merupakan salah satu atlet lari. Selain itu, dia ingin turut mengharumkan nama satuan serta Kodam III Siliwangi.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini