nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyatu dengan Alam Dibawah Derasnya Air Terjun Tegenungan

Tiara Putri, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 12:37 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 11 406 1976215 menyatu-dengan-alam-dibawah-derasnya-air-terjun-tegenungan-ni01uEGRqq.jpg Air terjun Tegenungan (Foto:Tiara/Okezone)


 

SAAT berlibur ke Bali, sudah pasti wisatawan akan terpesona dengan keindahan alamnya. Tak hanya di lautan, di darat pun banyak tempat-tempat yang menawarkan pemandangan untuk memanjakan mata. Salah satunya adalah air terjun.

Banyak air terjun yang sudah cukup menjadi favorit wisatawan. Sebut saja Air Terjun Tegenungan atau Tegenungan Waterfall. Obyek wisata yang satu ini terletak di Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Tak hanya wisatawan domestik, banyak pula wisatawan mancanegara yang datang berkunjung.

 Sederet Kasus Operasi Plastik yang Gagal, Termasuk Ratna Sarumpaet?

Air terjun ini beroperasi mulai pukul 06.30-18.30 WITA. Untuk tiket masuk, wisatawan dikenakan biaya Rp15 ribu per orang. Khusus anak-anak di bawah 5 tahun harga tiketnya menjadi Rp10 ribu. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara harga tiketnya sama. Selain itu, harga tiket juga sudah termasuk biaya parkir sehingga wisatawan tidak perlu membayar lagi.

Begitu masuk ke kawasan air terjun, wisatawan akan melihat berbagai toko yang menjual berbagai cinderamata, serta makanan dan minuman. Ada pula tempat yang disediakan untuk memandang air terjun dari kejauhan yang sering digunakan pula oleh wisatawan sebagai tempat berfoto.

 

Untuk menuju air terjun, wisatawan perlu menuruni anak tangga kira-kira 165 buah. Perjalanan ini memakan waktu sekira 20 menit. Selain itu, di sekitar anak tangga juga ada spot-spot unik dan lucu yang bisa dimanfaatkan untuk berfoto. Ada pula air terjun yang debit airnya lebih kecil di sebelah kiri. Wisatawan bisa mengunjungi air terjun itu terlebih dahulu dan baru melanjutkan perjalanan.

 Raisa-Hamish Baby Moon ke Tokyo, Intip Kamar Mewah sampai Keseruannya Keliling Kota

Air Terjun Tegenungan memiliki tinggi kurang lebih 15 meter. Debit airnya sangat kencang dan deras. Bahkan ketika berdiri di sekitar air terjun, wisatawan akan merasakan tampias air. Oleh karena itu, wisatawan tidak diperbolehkan berendam atau berenang di dekat kolam tempat jatuhnya air.

Wisatawan bisa menghabiskan waktu untuk berfoto-foto dengan latar keindahan derasnya air terjun. Di sekitar spot untuk berfoto dipenuhi oleh bebatuan kali sehingga wisatawan harus berhati-hati agar tidak tergelincir. Selain itu, tak jauh dari air terjun ada kolam mata air yang dianggap suci. Tak sedikit wisatawan yang berendam di kolam tersebut. Ada pula yang membawa air dari kolam tersebut bahkan sampai ada yang membawa air dari kolam menggunakan botol.

 

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini