nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Berwisata Religi Menapaki Jejak Rasul

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 21:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 11 406 1976364 tips-berwisata-religi-menapaki-jejak-rasul-tWeNzVOBcr.jpg Bangunan di kompleks Masjid Al Aqsa (Foto: Ist)

KAWASAN Timur Tengah telah lama menjadi destinasi favorit untuk para wisatawan Muslim dari Indonesia. Selain ibadah Haji, tujuannya adalah untuk melakukan wisata religi yang pernah dikunjungi oleh Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya.

Salah satu yang wajib dikunjungi untuk napak tilas kehidupan Rasul adalah Masjid Al-Aqsa yang berlokasi di Palestina. Masjid ini masih menyimpan cerita bagaimana Nabi Muhammad bermalam sebelum berangkat ke langit ke tujuh dalam perjalanan Isra Miraj.

Kisahnya yang tersimpan dalam Al-Quran itulah yang membuat wisatawan Indonesia gemar menelisik kehidupan beliau dari bangunan-bangunan bersejarahnya. Hal itu juga diakui oleh tour dan travel Rafa Lintas Cakrawala. Dalam perjalanan Jelajah Jejak Rasul, Ustadz Ma'mun sebagai pimpinan travel tur tersebut mengajak 32 peserta untuk mengunjungi tiga negara, yakni Aman, Yordania, dan Mesir pada 19 – 30 Oktober lalu.

(Baca Juga: Mengulik Keunikan Naniura, Makanan Raja yang Kini Jadi Kuliner Andalan Danau Toba)

 

“Melalui progam ini, kami ingin mengajak para jama’ah menapaki jejak-jejak para Rasul di Aman, Jordania, maupun Mesir. Termasuk pula mengunjungi Masjid Al Aqsa di Palestina, yang merupakan masjid ketiga kaum Muslimin, setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi”, jelas Handayani Patrianti, yang akrab dipanggil Anti selaku Managing Director Rafa Lintas Cakrawala dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Minggu (11/11/2018).

Tak hanya sekadar mengajak wisatawan Muslim untuk menapaki sejarah saja, tetapi mereka juga mengajak semua umat Muslim untuk terus mengunjungi masjid bersejarah tersebut. Terlebih, Masjid Al –Aqsa memang tengah dalam posisi terancam akibat kudeta oleh Yerussalem. Dengan seringnya menyiarkan masjid Al-Aqsa dunia, maka akan melindungi masjid bersejarah tersebut.

 

Karena itulah, agar masjid tetap terlindungi dengan baik, sebuah hastag #BeautifulAqsa dicetusakan, dan disebarkan di media sosial selama perjalanan. Harapannya pun sederhana, agar hastag tersebut terus menyadarkan hati setiap umat untuk melindungi masjid kesayangan Rasulullah.

Masjid yang memiliki kubah berwarna Emas itu berdiri di kompleks Al-Haram Asy-Syarif di area seluas 14 hektar. Al-Aqsa memiliki arsitektur indah yang terpancar dari kubah emas, dan pepaduan keramik biru di bagian luar masjid. Di dalam kompleks tempat masjid Al –Aqsa berdiri terdapat Dome of The Rock, yang diyakini sebagai tempat pijakan Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra Mi’raj. Masjid The Dome of The Rock inilah yang sering disangka sebagai Masjid Al-Aqsa.

 

Kendati demikian, Anti menceritakan kendalanya dalam melaksanakan kunjungan ke Baitul Maqdis. Salah satunya adalah proses visa yang lama dan sering kali dikeluarkan di menit-menit terakhir.

“Sehingga, kami perlu ekstra memberikan dan terus menumbuhkan rasa percaya calon jamaah untuk tetap berdoa, ikhtiar maksimal dijalankan dan kami berusaha tetap konsisten dengan tanggal keberangkatan yang kami miliki, dan jamaah tetap akan berangkat pada akhirnya, tanpa mengubah harga dan itinerary perjalanan,” jelas Anti.

Terlepas dari kendalanya, para peserta juga diajak untuk menikmati wisata bermain ATV di Sahara Sinai. Mereka juga menyaksikan bagaiman Suku Badouin di gurun tersebut berkomunikasi memanggil temannya dengan teriakan yang menggema ke seluruh bukit. Hal menarik lainnya adalah menginap di Sharm el Sheikh, kota cantik di pinggir laut.

"Kami menaiki glass boat di tempat yang konon menjadi tempat pertemuan Nabi Musa as dengan Nabi Khidr,” papar Anti.

 

Perjalanan religi ini akan dilakukan kembali pada Januari dan Maret 2019, di mana para peserta akan berada di Masjidil Aqsha pada momentum peringatan Isra Mi’raj. Dalam perjalanan ini, Rafa Lintas Cakrawala menggandeng Wardah Beauty Cosmetic yang diwakili oleh Carolina Septriasa sebagai Chief of team Art/ Director of Art Team Wardah untuk membagikan para jama’ah paket kecantikan seperti tas dengan perlengkapan alat salat, tasbih, dan Al-Quran ukuran kecil, sunscreen gel, deodoran, cleanser, hingga relaxing oil.

Tips penting melakukan perjalanan religi untuk para Muslim:

1. Siapkan obat-obatan penting yang biasa diminum di Indonesia, agar terhindar dari kejadian tidak diinginkan saat beribadah

2. Jangan lupa membawa cadangan kacamata untuk Anda yang memakai kacamata dan beri pengikatnya agar tidak terlepas

3. Pakailah alas kaki yang bertali agar tidak terlepas dan terinjak oleh jama’ah lain

4. Gunakan masker penutup hidung untuk melindungi dari debu pasir

5. Serta bawalah botol spray serbaguna untuk tempat air yang dapat disemprotkan pada wajah atau tubuh bila diperlukan saat cuaca ekstrem melanda.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini