nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Kulit Belang Kaya Zebra? Ini 3 Tips Mengembalikan Warna Kulit

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 12:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 11 611 1976184 punya-kulit-belang-kaya-zebra-ini-3-tips-mengembalikan-warna-kulit-el43BbQog4.jpg Eksofoliasi untuk meremajakan kulit (Foto:Ist)

 

SADAR atau tidak, aktivitas yang sering Anda lakukan di luar rumah atau outdoor, dapat menyebabkan kulit wajah, tangan, dan kaki menjadi belang. Hal ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang mengenai kulit dalam waktu yang lama.

Bagi sebagian orang, kulit belang mungkin bukanlah masalah yang besar dan harus segera diobati. Tapi jika dibiarkan terus menurus, masalah kulit ini tentu dapat menganggu penampilan Anda. Nah, untuk mengakalinya, berikut Okezone rangkumkan 3 tips mengembalikan warna kulit akibat paparan sinar matahari, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber.

 Intip Gaya Liburan Maria Ozawa Pakai Bikini, Bikin Mata Pria Ogah Kedip!

Eksfoliasi

Salah satu cara ampuh yang bisa Anda lakukan untuk meratakan kulit yang belah adalah menggunakan cara eksfoliasi. Teknik ini bisa dilakukan dengan menggunakan bahan alami atau dengan produk kecantikan. Cara tersebut sangat ampuh mengembalikan warna kulit belang, kusam, serta mengangkat sel kulit mati. Kendati demikian ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Anda harus menghindari sinar matahari, saat kuit mengalami proses pengelupasan. Tidak hanya itu, eksfoliasi juga dapat membuat kulit lebih rentan terhadap sinar matahari. Oleh karenanya, konsultasikanlah terlebih dahulu dengan dokter kulit kepercayaan Anda.

Produk perawatan kulit

America Academy of Dermatology merekomendasik penggunaan produk perawatan kulit yang memiliki kandungan khusus seperti vitamin C, asam glikolat, retinoid, asam kojic, dan asam azelaic. Kandungan ini dipercaya dapat merawat dan meringankan kulit sehingga dapat mengatasi kulit belang akibat sinar matahari. Beberapa kandungan tersebut ampuh memperlambat produksi melanin, dan mendorong pertumbuhan sel kulit baru. Tapi perlu diingat, jika Anda memilih cara ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit.

 Sederet Kasus Operasi Plastik yang Gagal, Termasuk Ratna Sarumpaet?

 

 

Masker

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan maske alami. Ada beberapa pilihan bahan yang bisa Anda gunakan. Salah satunya dengan memanfaatkan kunyit. Ya, meski kunyit belum terbukti meringankan kulit, namun sebuah penelitian menemukan bahwa tanaman ini dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari jika diolah menjadi krim kulit. Kunyit juga berfungsi melembapkan kulit. Kekurangannya, penggunaan bahan yang satu ini dapat meninggalkan noda pada pakaian yang sulit untuk dihilangkan.

Hasil gambar untuk Eksfoliasi

Untuk mengakalinya, Anda bisa menggunakan pembersih wajar setelah menggunakan masker kunyit. Selain kunyit, Anda juga bisa menggunakan teh hitam. Para ahli mengklaim bahwa the hitam dapat mencerahkan warna cokelat pada kelinci di laboratorium. Kendati demikain, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan ekperimen tersebut terhadap tubuh manusia.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini