nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Memutihkan Selangkangan & Paha, Bahannya Ada di Rumah!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Minggu 11 November 2018 12:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 11 611 1976221 cara-mudah-memutihkan-selangkangan-paha-bahannya-ada-di-rumah-45pJyNZZwS.jpg Bahan alami untuk memutihkan paha dan selangkangan (Foto:Ist)

 KULIT gelap pada paha bagian dalam bisa dialami oleh siapa saja. Kulit yang menghitam ini terjadi karena pigmen pada melanin yang berlebihan.

Kondisi menghitamnya suatu bagian tubuh ini disebut hiperpigmentasi. Perubahan warna pada paha bagian dalam menjadi lebih gelap bahkan dapat meluas ke daerah bikini atau selangkangan.

 

Ada sejumlah alasan mengapa seseorang dapat mengalami penggelapan kulit di paha bagian dalam. Beberapa alasan ini dilansir Okezone dari laman Healthline, termasuk:

- lecet, yang dapat terjadi selama latihan atau berjalan, dan dapat menyebabkan kulit menjadi tipis, gatal, dan berubah warna

- ketidakseimbangan hormon, terutama di kalangan wanita selama menyusui, kehamilan, atau menstruasi, atau mereka yang memiliki sindrom ovarium polikistik (PCOS)

- obat-obatan tertentu, seperti kontrasepsi oral hormonal atau obat kemoterapi tertentu

- paparan sinar matahari

- kulit kering

- gesekan dari pakaian ketat

- acanthosis nigricans , gangguan pigmentasi kulit

- diabetes mellitus

Faktor risiko

Orang yang gemuk mungkin berisiko lebih tinggi untuk memiliki paha bagian dalam berwarna lebih gelap karena pengelupasan kulit. Anda juga berisiko tinggi jika memiliki ketidakseimbangan hormon atau diabetes mellitus, dan meminum obat tertentu.

Lantas, bagaimana cara mencerahkan paha bagian dalam alias selangkangan secara alami dan aman? Ternyata bahan-bahannya dapat kamu temukan dan caranya bisa dilakukan dengan mudah, lho!

Minyak kelapa dan jus lemon

Lemon memiliki banyak kandungan vitamin C, yang dapat membantu mengobati hiperpigmentasi. Minyak kelapa dapat berfungsi sebagai pelembab, dan dapat membantu menjaga paha Anda lembut dan lentur.

Untuk membuat minyak kelapa dan scrub lemon:

Campurkan beberapa sendok makan minyak kelapa dengan perasan setengah lemon.

Gosokkan adonan ke area yang menghitam dan pijat selama 10 menit atau lebih.

Cuci bersih.

Penelitian menunjukkan bahwa formulasi tertentu yang mengandung vitamin C mungkin lebih efektif daripada cara yang lain.

Scrub gula

Gula dapat membantu mengeksfoliasi kulit. Exfoliating area dapat membantu jika kulit gelap disebabkan oleh penumpukan kulit mati.

Campurkan perasanlemon segar, satu sendok teh gula, dan satu sendok makan madu.

Gosok lembut ke paha bagian dalam.

Bilas area untuk menghapus scrub.

 

Oatmeal yogurt scrub

Oatmeal dapat digunakan untuk mengobati eksim dan kondisi kulit inflamasi lainnya. Selain itu juga bisa berfungsi sebagai pengelupas kulit, dan mungkin lebih lembut daripada gula. Yogurt mengandung asam laktat, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit.

Berikut cara membuat scrub oatmeal Anda sendiri:

Buat pasta dengan bagian yang sama dengan oatmeal dan yogurt murni.

Oleskan pasta ke area kulit yang gelap, dan gosok dengan lembut.

Bersihkan.

 

Baking soda dan pasta air

Soda kue dapat membantu meringankan dan mengelupas kulit Anda, tetapi harus digunakan dengan hati-hati, karena baking soda mungkin terlalu keras untuk kulit bisa mengiritasi kulit, dan memperburuk kondisi kulit.

Jika Anda ingin mencoba menggunakan baking soda scrub, berikut caranya

Buat pasta dari soda kue dan air.

Oleskan lapisan tipis ke paha bagian dalam, seperti Anda akan masker wajah atau tubuh.

Biarkan selama setidaknya 15 menit, lalu bilas.

 

Lidah buaya

Gel lidah buaya atau produk berbasis lidah buaya dapat menenangkan kulit yang teriritasi dan teriritasi. Aloe mengandung aloin, yang menunjukkan potensi sebagai pencerah kulit. Oleskan seperti lotion, dan biarkan produk meresap ke kulit Anda. Anda tidak perlu membilasnya setelah merasap.

Gosok kentang

Menggosok kentang di kulit Anda adalah obat tradisional untuk bintik-bintik gelap pada kulit. Kandungan catecholase, enzim dalam kentang, bisa mencerahkan kulit. Beirkut cara menggunakannya

Iris kentang.

Gosok irisan kentang di atas area yang terkena selama 15 menit atau lebih lama.

Cuci dengan lembut area tersebut.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini