nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ajak Masyarakat Berkomitmen Lindungi Anak dan Perempuan, KPPPA Kunjungi Kampung Narkoba

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 12 November 2018 10:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 12 196 1976495 ajak-masyarakat-berkomitmen-lindungi-anak-dan-perempuan-kpppa-kunjungi-kampung-narkoba-F9oVgRjJpN.jpg Kunjungan KPPPA ke kelurahan Belawan Bahari (Foto: Pradita/Okezone)

PEMIMPIN idealnya memang harus dekat dengan rakyatnya. Jika tidak dekat, jauh dan berjarak maka pemerintah tidak akan bisa maksimal dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Begitupun masyarakat, yang mana kebutuhannya tidak dapat teralokasikan dengan baik oleh pemerintah.

Maka dari itu, pemerintah sudah seharusnya mendengar aspirasi masyarakat langsung dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk melihat fakta yang ada. Inilah yang diketahui tengah giat dilakukan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA).

Diwakili oleh Dr.Pribudiarta Nur Sitepu, MM, Sekretaris Kemen PPPA dengan masyarakat Medan, Kemen PPPA melakukan kunjungan ke Kelurahan Belawan Bahari. Dahulunya daerah ini dikenal sebagai kampung narkoba dan maksiat. Kunjungan Kemen PPPA kali ini tujuannya berdialog dengan warga sebagai salah satu rangkaian acara Temu Nasional Pertisipasi Publik untuk Kesejahteraan Perempuan dan Anak (PUSPANAS 2018) di kota Medan.

Dalam pertemuan tersebut, Pribudiarta menyampaikan, program pemerintah harus bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat agar dapat mengubah segala permasalahan sosial menuju perubahan yang lebih baik. Pribudiarta juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk berkomitmen bersama, melindungi para perempuan, juga anak-anak agar tidak terpapar pornografi, narkoba dan trafficking sehingga menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas.

kpppa

Berdialog langsung dengan warga, Pribudiarta menuturkan bahwa ini menjadi sebuah insight sekaligus pekerjaan rumah baru bagi Kemen PPPA.

‘Tadi kita diskusi itu sama penggerak, ada lurah, camat, ada tokoh masyarakat, forum anak, ada remaja masjid, ini semua kan pemangku pementingan yang mana punya urusan soal perlindungan anak dan perempuan di wilayah tersebut. Dengar respon masyarakat dari sebelum dan sesudah adanya kegiatan, perubahan yang terjadi dalam setahun itu luar biasa,” ungkap Pribudiarta, ditemui Minggu 11 November 2018 di sela-sela kunjungan di Belawan Bahari.

kpppa

Dijelaskan lebih lanjut oleh Pribudiarta, pada dasarnya berdiskusi langsung dengan masyarakat ini sekaligus juga menjadi pekerjaan baru untuk Kemen PPPA sebagai pemerintah pusat yang menangani masalah seputar pemberdayaan wanita dan perlindungan anak.

“Harus ada normatifnya untuk menjadi berkelanjutan, gimana komitmen kita berikan perlindungan anak dan pemberdayaan pada perempuan. Tadi misalnya, mereka bilang butuh balai pelatihan untuk berkegiatan, ranah ini punya Kemenaker dinas tenaga kerja ya harus involve. Begitu juga soal perbaikan struktrur karena banjir, ini ranah Kementerian PUPR harus berperan di situ. Maka dari itu kebijakan kabupaten, provinsi, dan nanti di tingkat nasional dikerjakan sama-sama “ terangnya.

(hel)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini