Ramai Politik Genderuwo, Ini Muasal Jin yang Disebut Ahli Memikat Perempuan

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 12 November 2018 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 12 196 1976540 ramai-politik-genderuwo-ini-muasal-jin-yang-disebut-ahli-memikat-perempuan-MB2yHE996B.jpg Mahluk halus genderuwo (Foto:Youtube)

MENJELANG pemilihan Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia (Pilpres) Tahun 2019, iklim perpolitikkan Indonesia mulai memanas. Saling sindir antar dua kubu mulai gencar dilakukan.

Setelah 'Politik Sontoloyo', beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo kembali menyinggung sebuah istilah yang sebelumnya berhasil membuat pihak oposisi bereaksi keras yakni, 'Politik Genderuwo'.

Istilah tersebut dilontarkan Jokowi saat Memberikan kata sambutan dalam acara ulang tahun Partai Solidaritas Indonesia di Tangerang, Minggu 11 November 2018.

 Cara Menghilangkan Kudis dengan Bahan-Bahan Alami

Menurut Jokowi, di dalam negeri banyak pihak yang seolah-olah ingin menakut-nakuti anak muda Indonesia. Padahal yang dibutuhkan mereka adalah narasi, suasana, serta kepemimpinan yang menimbulkan keberanian.

"Bukan politik genderuwo yang menebarkan ketakutan. Anak muda tidak pernah takut pada hal itu," tutur Jokowi sebagaimana dikutip Okezone dari berbagai sumber, Senin (12/11/2018).

Nah berbicara soal Genderuwo, tahukah Anda dari mana asal usul makhluk halus tersebut?

Genderuwa atau Genderuwo (dalam pengucapan bahasa Jawa) adalah mitos Jawa tentang sejenis bangsa jin atau makhluk halus yang berwujud manusia, bentuknya menyerupai kera bertubuh besar dan kekar, dengan warna kulit hitam kemerahan.

Tidak hanya itu, tubuhnya juga ditutupi rambut lebat yang tumbuh di sekujur tubuh. Genderuwo dikenal paling banyak dalam kepercayaan masyarakat di Pulau Jawa, Indonesia.

Habitat hunian kegemarannya adalah batuberair, bangunan tua, pohon besar yang teduh atau sudut-sudut yang lembap sepi dan gelap. Genderuwo sebetulnya tidak dapat dilihat oleh orang biasa, tetapi pada saat tertentu dia dapat menampakkan dirinya bila merasa terganggu.

Beberapa legenda Jawa menyebutkan bahwa, genderuwo dipercaya sebagai sosok makhluk yang iseng dan cabul, karena kegemarannya menggoda manusia terutama kaum perempuan dan anak-anak.

8 Artis Top Dunia yang Merupakan Seorang Muslim

Salah satu kegemaran genderuwa yang paling utama adalah menggoda istri-istri kesepian yang ditinggal suami atau para janda, bahkan kadang genderuwo bisa sampai melakukan hubungan seksual dengan mereka.

Memiliki kemampuan gendam untuk menarik wanita agar mau bersetubuh dengannya. Kemampuan hubungan seks genderuwa juga diyakini amat luar biasa, sehingga wanita-wanita korban pencabulannya seringkali merasakan puas dan nikmat yang luar biasa apabila berhubungan badan dengan genderuwo.

Kendati demikian, tidak semua genderuwo itu jahat, karena ada pula yang baik dan sikap mereka tergantung bagaimana manusia bersikap, apakah mau berteman atau bermusuhan dengan mereka.

Banyak kalangan mempercayai salah satu cara memanggil genderuwo adalah dengan membakar sate gagak. Diyakini, burung gagak adalah makanan kesukaan sekaligus binatang peliharaan genderuwo.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini