nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ikan Air Tawar Vs Ikan Air Laut, Mana Lebih Baik untuk Perkembangan Otak Anak?

Firda Janati, Jurnalis · Senin 12 November 2018 11:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 12 481 1976546 ikan-air-tawar-vs-ikan-air-laut-mana-lebih-baik-untuk-perkembangan-otak-anak-X16YI6HroQ.jpg Ilustrasi (Foto: Silkroadspices)

IKAN merupakan makanan yang mengandung gizi tinggi yang berguna untuk perkembangan otak bagi anak-anak. Karena masih daam masa pertumbuhan dan perkembangan, anak-anak wajib mengonsumsi makanan yang mengandung gizi tinggi

Meskipun ikan menjadi salah satu sumber gizi tinggi, namun sebaiknya Anda lebih teliti dalam memilih jenis ikan yang baik dan segar. Banyak sekali para orangtua yang bingung dalam memilih jenis ikan untuk dikonsumsi sang anak.

“Jadi kalo bicara nutrisi itu tentu saja semuanya penting. Tetapi memang ada nutrisi-nutrisi spesifik yang berperan dalam kecerdasan yaitu omega 3. Salah satu omega 3 terbaik adalah ikan. Yaitu ikan-ikan yang berasal dari laut dalam,” jelas Prof. dr.Ir. Ali Khomsan, M.Si, Guru Besar Pangan & Gizi Institut Pertanian Bogor saat ditemui dalam acara ABC Sobat Cerdas di daerah Jakarta Pusat, belum lama ini.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kudis dengan Bahan-Bahan Alami

Mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 tinggi memang sangat bagus untuk perkembangan otak anak. Menurut Prof. Ali Khomsan ikan laut ternyata leih baik untuk perkembangan otak anak dibandingkan dengan ikan air tawar.

masakan ikan

“Semua proteinnya sama sekira 20 atau 18 persen. Tetapi dalam hal kandungan omega 3 itu perbandingannya bisa satu banding lima. Oleh karena itu mengonsumsi ikan laut menjadi salah satu syarat penting untuk mencetak generasi cerdas,” ucapnya

Baca Juga: Jantung Kura-Kura Albino Tumbuh di Luar Tubuh Gegerkan Netizen!

Perkembangan otak anak sangat penting bagi pertumbuhannya kelak. Karena anak-anak yang kurang mengonsumsi ikan akan sulit untuk bersaing secara nasional maupun global. Untuk itu penting untuk selalu membiasakan anak untuk mengonsumsi ikan minimal seminggu sekali.

“Dalam hal perkembangan otak ikan air laut lebih bagus dibandingkan dengan ikan air tawar. Sebab itu membiasakan mengonsumsi ikan air laut menjadi tugas kita semua, terutama bagi ibu rumah tangga. Agar anak-anak punya nutrisi yang sudah dibekali untuk membentuk otaknya secara baik.” jelasnya

Indonesia merupakan negara yang memiliki lautan sangat luas. Hal ini dapat menjadi akses yang luar biasa agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang gemar mengonsumsi ikan. Terlebih untuk anak-anak sebagai penerus bangsa agar mereka siap bersaing dalam kompetisi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini