Memakai Pakaian dan Mencium Aroma Pasangan Bisa Membuat Bahagia, Kok Bisa?

Firda Janati, Jurnalis · Senin 12 November 2018 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 12 481 1976579 memakai-pakaian-dan-mencium-aroma-pasangan-bisa-membuat-bahagia-kok-bisa-BMDXU5Dkym.jpg Ilustrasi (Foto: ok.co.uk)

MENCINTAI seseorang memang tidak perlu alasan dan tidak perlu mengikuti tren terkini demi menyatakan cinta pada pasangan. Tetapi, saat ini telah banyak cara untuk menunjukan kasih sayang pada pasangannya. Salah satunya adalah mengenakan pakaian yang sama.

Namun, baru-baru ini sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa mengenakan pakaian pasangan atau menggunakan minyak wangi yang sama dapat membuat rasa bahagia. Menghirup minyak wangi yang sama dengan orang yang dicintai juga terbukti sangat baik dalam menurunkan tingkat stres. Kok bisa ya? Dilansir Okezone dari Ok.co, Senin (12/11/2018), berikut penjelasannya.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of British Columbia. Peneliti menguji sekiranya 96 relawan wanita. Saat melakukan penelitian, 96 relawan wanita terbukti lebih memiliki perasaan tenang karena mencium aroma pasangan mereka.

Para wanita dengan secara acak ditugaskan dalam penelitian untuk mencium kaos atau kemeja yang belum dipakai, telah dipakai oleh pasangan dan dipakai oleh orang asing. Mereka pun tidak diberitahukan oleh para peneliti mengenai kepunyaan kaos atau kemeja tersebut.

Mencium Aroma Pasangan

Relawan wanita juga menjalani tes yang melibatkan wawancara dan tes kesehatan mental. Jawaban mereka akan menunjukan tingkat stres dan tingkat kortisol. Hasilnya, para peneliti menemukan bahwa wanita yang mencium aroma dari kaos atau kemeja pasangannya dapat mengurangi tingkat stres.

Baca Juga: Jantung Kura-Kura Albino Tumbuh di Luar Tubuh Gegerkan Netizen!

Namun, wanita yang mencium aroma dari kaos atau kemeja orang asing memiliki kadar kortisol lebih tinggi dibandingkan wanita yang mencium aroma dari kemeja pasangannya. Wanita yang mencium aroma dari kemeja pasangannya memiliki kadar kortisol lebih rendah.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Kudis dengan Bahan-Bahan Alami

Para peneliti di University of British Columbia yang dikutip dari Metro uk, mengatakan bahwa mengenakan sesuatu dengan aroma pasangan dapat mengurangi stres, kesepian dan kecemasan. Hal lain menurut Psikolog Peter Klein mengatakan efek penelitian ini tidak sama ketika para pria yang menjadi relawan.

“Penelitian menunjukkan bahwa wanita memiliki indra penciuman yang lebih baik. Pria akan lebih terangsang secara visual, sehingga pria akan mengalami pengurangan tingkat stres dengan melihat pakaian pasangan mereka,” paparnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini