Kamu Sibuk Kerja? Coba Tiru Gaya Hidup Sehat ala Mikha Tambayong

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 12 November 2018 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 12 481 1976813 kamu-sibuk-kerja-coba-tiru-gaya-hidup-sehat-ala-mikha-tambayong-oOzqu7nDyh.jpg Mikha Tambayong (Foto: April/Okezone)

 MIKHA Tambayong menjadi salah satu torch bearers saat momen Asian Games 2018 lalu. Sosok aktris perempuan yang dikenal juga memiliki suara merdu ini ternyata bergaya hidup sehat.

Mikha yang ditunjuk sebagai Duta Yayasan Jantung Indonesia tersebut pun mengaku mempraktikkan gaya hidup sehat yang cukup sederhana dan mudah ditiru oleh generasi milenial. Sosok Mikha dipilih karena dianggap mampu memengaruhi generasi milenial agar mulai mengimplementasikan gaya hidup sehat sejak dini.

"Menurut mereka aku jadi figur yang bosa memengaruhi anak-anak seumuran aku. Mempraktikan hidup sehat itu perlu dimulai dari sejak masih muda," jelasnya pada acara Hari Ulang Tahun ke 37 Yayasan Jantung Indonesia, Plaza Indonesia, Jakarta, Senin (12/11/2018).

Mikha akan mengajak anak-anak muda dan sekaligus pengikutnya untuk memiliki gaya hidup sehat lewat media sosial. Menurutnya cukup mudah untuk menggunakan media sosial sebagai wadah untuk sama-sama bergaya hidup sehat.

Akan tetapi, bagi dirinya sendiri terkadang merasa sulit untuk membagi waktu istirahat. Alasannya jelas, karena dia seorang pekerja seni yang jam kerjanya tidak rutin.

"Cukup sulit bagi pekerja seni jam tidur kurang, pola istirahat penting, semuanya dapat diatur, pola makan, latihan, maka aku berusaha minimal sejam hingga dua jam berlatih fisik dan sudah dibiasakan dari dulu sebelum jadi duta," imbuhnya.

mikha tambayong

Tidak hanya soal latihan fisik, dala hal mengonsumsi makanan, Mikha pun sangat berusaha untuk menjaga asupan nutrisinya. Terlebih saat di lokasi syuting dia mengaku cukup sulit mendapatkan makanan sehat, maka untuk mengantisipasinya Mikha sering membawa makanan sendiri dari rumah.

"Kalau enggak ada waktu aku palingan jogging, kalau hujan ya workout di dalam rumah. Sekarang kan mudah banget udah banyak aplikasinya. Basicnya sih aku suka semua olahraga, zumba juga suka," paparnya.

Baca Juga: Ini Sejarah Hari Ayah yang Diperingati Setiap 12 November

Menurut Mikha, menjaga pola tidur, asupan nutrisi, dan rutin latihan fisik atau olahraga sangat penting supaya di hari tua nanti tetap bugar, jadi perlu dipersiapkan dari sekarang. Dia pun mengajak semua orang untuk sadar diri untuk melakukan gaya hidup sehat, karena ada banyak keuntungan yang akan didapatkan nantinya.

"Tiap pagi minum jus, dulu sempat cukup susah makan sayur, tapi sekarang sudah mulai rutin makan sayur dan buah. Apapun bentuknya seperti salad, harus ada konsumsi tiap hari, lebih diseimbangkan, yang bagus untuk tubuh dirutinin. Untuk menikmati hidup boleh lah sesekali makan desert," tuturnya.

Baca Juga: 8 Artis Top Dunia yang Merupakan Seorang Muslim

Hal yang terpenting bagi Mikha dalam mempraktikkan gaya hidup sehat ialah kemauan untuk memulai dan membiasakan. Olahraga yang dianggap sulit akan terasa mudah jika dijadikan gaya hidup.

"Olahraga tiap pagi sesuatu yang enggak mudah kalau enggak dijadiin gaya hidup. Aku ngerasa daripada panjang lebar liat aja, kebiasaan aku makan apa, dan olahraga bagaimana, jadi orang lain ikutan. Menurutku leading by example lebih efisien," tandasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini