nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Makanan yang Ampuh Mengusir Nyeri Haid

Noor Chotijah , Jurnalis · Senin 12 November 2018 19:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 12 481 1976842 6-makanan-yang-ampuh-mengusir-nyeri-haid-edoPjP5qoT.jpg Nyeri perut (Foto: Bustle)

SAAT datang bulan terkadang terasa sangat menyiksa bagi para wanita, mulai dari perut keram, mual, emosi naik turun dan nyeri kepala merupakan gejala yang seringkali dialami. Dengan keadaan tersebut, membuat dirinya malas untuk melakukan segala aktivitas, terkadang hanya membutuhkan makanan untuk mengembalikan mood.

Ketahuilah, semua makanan yang kamu konsumsi belum tentu baik untuk kelancaran peredaran darah saat menstruasi. Setiap wanita pasti pernah mengalangi dan merasa bingung, karena darah yang dihasilkan sangat sedikit, padahal gejala yang timbul sangat menyiksa.

Karenanya selain harus rajin berolahraga di waktu menstruasi, kita juga harus menjaga asupan makanan. Konsumsilah makanan sehat ini, minimal seminggu sebelum tanggal menstruasi agar aliran darah lancar, berikut jenis makanan yang dilansir Boldsky, Senin (12/11/2018).

 BACA JUGA:

Hari Ayah, Intip 7 Potret Kedekatan Seleb 'Papa Muda' dengan Anaknya

Bayam

Mengkonsumsi bayam akan mengatur aliran darah Anda. Bayam juga merupakan sumber vitamin A, folat, magnesium, besi, tembaga, vitamin E, vitamin C, kalsium, kalium, dan fosfor. Rajinlah dengan mengonsumsi jus atau sayur bayar, sesuai selera.

Cokelat

Cokelat membantu wanita dalam banyak cara, bisa juga meningkatkan mood agar lebih baik. Karena mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, tembaga, protein, vitamin E, kalsium, dan nutrisi lain yang membantu dalam mengatur aliran darah selama menstruasi. Konsumsi cokelat hitam asli ini, agar membantu meredakan nyeri perut saat menstruasi tiba.

 

Biji wijen

Biji wijen ini mengandung sejumlah besar zat besi, fosfor, magnesium, dan tembaga. Carilah camilan manis ini, terkadang ada pada kueh-kueh yang mudah didapatkan.

Pepaya muda

Buah ini mengatur aliran menstruasi dengan membantu meringankan kontraksi otot di rahim. Pepaya harus dikonsumsi dua kali sehari, dan Anda juga harus banyak minum air kelapa, agar tubuh kuat dari rasa panas akibat makan pepaya muda.

 

Nanas

Kaya akan vitamin C, buah ini juga merupakan sumber tembaga, vitamin B1, folat, vitamin B6, dan asam pantotenat yang sangat baik. Nutrisi ini membantu mengontraksi uterus, sehingga membantu mengembalikan menstruasi ke keadaan normal serta memperbaiki aliran darah.

 BACA JUGA:

Ini Sejarah Hari Ayah yang Diperingati Setiap 12 November

Kunyit

Bisa kamu beli pada toko jamu, ramuan ini memang sangat membantu dalam mengatur haid dan menyeimbangkan hormon karena efeknya yang memanas pada tubuh. Kunyit mengandung sifat anti-inflamasi dan sifat antispasmodic yang juga membantu dalam mengurangi nyeri haid.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini