nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurangi Sampah Plastik, McDonald's Indonesia Canangkan Gerakan #Mulaitanpasedotan

Advertorial, Jurnalis · Senin 12 November 2018 13:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 12 557 1976646 kurangi-sampah-plastik-mcdonald-s-indonesia-canangkan-gerakan-mulaitanpasedotan-PCByOvt4hN.jpeg Foto: Okezone

TAHUKAH Anda, bahwa berdasarkan data di 2017 silam, Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik terbesar nomor dua setelah China? Jika tidak mulai dikurangi dari sekarang, selain perairan di Indonesia semakin tercemar akan sampah plastik, bahkan bukan tidak mungkin Indonesia bisa menyalip China jadi negara penyumbang nomor satu limbah plastik di dunia.

Sebagai restoran cepat saji yang ingin ikut berkontribusi terhadap lingkungan hidup yang lebih baik, McDonald’s Indonesia menginisiasi gerakan #Mulaitanpasedotan. Gerakan ini bertujuan untuk mengurangi timbunan sampah plastik dengan tidak lagi menyediakan dispenser sedotan plastik di 189 gerai McDonald’s di seluruh Indonesia secara serentak.

#Mulaitanpasedotan adalah langkah awal McDonald's Indonesia menuju perubahan besar di masa depan. McDonald's berkomitmen untuk terus mencari solusi yang lebih ramah lingkungan untuk semua kemasan produk dan membantu membangkitkan kesadaran masyarakat mengenai masalah lingkungan yang berdampak pada Indonesia dan dunia.

McDonald's Indonesia akan terus menggunakan lebih banyak bahan ramah lingkungan untuk kemasan yang digunakan di seluruh gerainya, demi meminimalkan penggunaan dan sampah plastik. McDonald's juga terus berkomitmen untuk mengambil bagian dalam mencari solusi berkelanjutan untuk sedotan dalam skala global.

Associate Director of Communications McDonald’s Indonesia, Sutji Lantyka, mengatakan, McDonald's Indonesia berharap gerakan ini akan mendorong masyarakat untuk berkontribusi dalam melindungi lingkungan.

“Kami mengajak semua orang mengambil langkah kecil untuk mengubah kebiasaan dengan tidak lagi menggunakan sedotan plastik demi membantu mengurangi jumlah sampah plastik,” kata Sutji di Jakarta, Senin (12/11/2018).

McDonald's Indonesia juga berkomitmen untuk terus meningkatkan keberlanjutan semua kemasan yang digunakan untuk mencapai tujuan global McDonald's, yaitu 100% perlengkapan yang digunakan oleh konsumen terbuat dari bahan-bahan yang ramah lingkungan, dapat didaur ulang, atau bersertifikasi pada tahun 2025 dan mendaur ulang perlengkapan makan konsumen di 100% restoran McDonald’s secara global.

“McDonald’s memahami bahwa peraturan lingkungan, daur ulang, dan perilaku konsumen bervariasi dari kota ke kota dan negara ke negara, tetapi McDonald's berencana untuk ambil bagian dari solusi dan membantu memberikan pengaruh untuk perubahan lingkungan ke arah yang lebih baik,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Sampah, Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Sampah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Novrizal Tahar, mengapresiasi dan mendukung penuh inisiatif McDonald’s Indonesia untuk mengurangi sampah plastik dengan tidak lagi menyediakan sedotan plastik di seluruh gerainya. “Kami berharap gerakan ini akan menginspirasi perusahaan lain untuk melakukan hal yang serupa,” ujar Novrizal.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini