nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kebiasaan Sehari-hari yang Sebabkan Kulit Kering

Firda Janati, Jurnalis · Senin 12 November 2018 16:23 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 12 611 1976676 5-kebiasaan-sehari-hari-yang-sebabkan-kulit-kering-4uKSsPRuW0.jpg Ilustrasi kulit kering (Foto: Healcure)

MEMPUNYAI kulit sehat merupakan dambaan tiap orang. Kulit tubuh yang kering menjadi salah satu masalah yang sering dialami. Nyatanya bahwa saat ini banyak sekali kebiasaan atau aktivitas yang dilakukan tanpa disadari dapat membuat kulit kering.

Kulit kering merupakan kondisi kulit dikarenakan kekurangan cairan, seperti kurang minum air putih. Ternyata masih banyak penyebab kulit kering lain yang berhubungan dengan kebiasaan sehari-hari. Melansir dari Readersdigest, Senin (12/11/2018), jauhi kebiasaan berikut yang dapat menyebabkan kulit cepat kering.

 BACA JUGA:

Memakai Pakaian dan Mencium Aroma Pasangan Bisa Membuat Bahagia, Kok Bisa?

Kebiasaan mandi dengan air panas

Mandi dengan air hanya memang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tetapi terlalu sering memanjakan diri mandi dengan suhu air yang panas dapat berbahaya bagi kulit. Saat suhu air terlalu panas kulit akan menjadi lebih cepat kering dan dehidrasi.

"Kulit yang berlebihan terkena air, terutama air panas, dapat menyebabkan kulit mengelupas dan mengalami dan mengganggu penghalang kulit,” jelas Joshua Zeichner, MD, direktur penelitian kosmetik dan klinis di bidang dermatologi di Mount Sinai Hospital di New York City. Nah, ada baiknya tetap memerhatikan suhu air yaitu suhunya tidak terlalu rendah atau tidak terlalu tinggi.

Tidak memerhatikan kandungan sabun yang digunakan

Di antara Anda mungkin ada yang tidak memerhatikan kandungan sabun yang digunakan. Asalkan bersih dan wangi, sabun tersebut tetap dipilih dan digunakan. Rata-rata orang memilih sabun karena dapat membersihkan kotoran dengan baik.

Tetapi perlu Anda perhatikan juga isi dari kandungan sabun tersebut. Jika mengandung detergen atau bahan kimia yang keras dapat menyebabkan masalah kulit, seperti kering dan iritasi. Sebelum membeli sabun batangan atau sabun cair ada baiknya Anda memilih sabun yang bukan hanya dapat membersihkan tetapi juga menutrisi serta menjaga kelembapan kulit.

 

Terlalu sering melakukan eksfoliasi

Siapa di antara Anda yang sering melakukan eksfoliasi? Mengekfoliasi kulit memang sangat penting untuk mengangkat sel-sel kulit matit. Namun jika Anda terlalu sering melakukan eksfoliasi bahkan lebih dari dua kali seminggu malah akan membuat kulit Anda iritasi dan kering.

Selain itu terlalu sering mengeksfoliasi kulit dapat mengakibatkan peradangan, kemerasan, kekeringan dan pengelupasan pada kulit. bukannya mengangkat sel-sel kulit mati, keseringan eksfoliasi malah akan menghilangkan kulit yang sehat. Sebab itu, lakukan eksfoliasi maksimal dua kali dalam seminggu.

Menggunakan pelembap yang salah

Jika menurut Anda menggunakan pelembap merupakan satu-satunya jalan untuk menghindari kulit kering, nyatanya salah! Banyak wanita yang tidak konsisten dalam menggunakan pelembap. Bukannya mendapatkan kulit yang sehat, salah menggunakan pelembap malah akan merusak kulit.

"Lotion berbahan dasar air dengan kandungan minyak yang rendah. sehingga tidak terserap dengan baik oleh kulit dan cepat menguap. Hal itu yang menyebabkan kulit kering," jelas Jerome Garden, MD, direktur dari Institut Laser dan Dermatologi Dokter di Chicago, Amerika Serikat.

Pilihlah pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit dan jangan lupa untuk selalu melihat isi kandungannya. Pemakaian pelembap juga tidak boleh terlalu banyak agar dapat meresap ke kulit lebih maksimal.

 BACA JUGA:

Menikmati Keindahan Rumah Pohon Molenteng Nusa Penida yang Tak Kalah dengan Raja Ampat

Kurang minum air putih

Kebiasaan ini sering dilupakan banyak orang. Mungkin Anda pernah mendengar aturan-aturan tentang berapa banyak gelas air yang harus diminum setiap harinya. Nyatanya, hal itu memang perlu untuk dilakukan. Apalagi, jika Anda mempunyai kulit yang sensitive.

Kekurangan air putih dapat menyebabkan kulit dehidrasi dan membuat kulit kering. Terlebih jika cuacanya yang panas, minum air putih merupakan suatu kewajiban. Saat cairan dalam tubuh sudah terpenuhi, kulit juga akan semakin terawat dari dalam.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini