nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kisah Pilu Seorang Kickboxer yang Kehilangan Kakinya Akibat Diserang Hiu Buas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 08:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 13 196 1976990 kisah-pilu-seorang-kickboxer-yang-kehilangan-kakinya-akibat-diserang-hiu-buas-5ysSno62FQ.jpg Pria digigit hiu hingga koma (Foto: Vt)

IKAN Hiu merupakan salah satu predator laut yang terkenal akan keganasannya. Mereka tak segan menyerang setiap objek yang dinilai sebagai mangsanya untuk dijadikan menu santapan lezatnya.

Meski di Indonesia jarang terjadi kasus penyerangan oleh hiu, namun di belahan dunia lain, hiu menjadi salah satu predator buas yang mengancam keselamatan manusia. Alhasil hiu memiliki reputasi yang buruk sebagai salah satu spesies makhluk hidup yang ada di bumi.

Berbicara seputar hiu, predator haus darah satu ini memang kerap menyerang secara tiba-tiba. Mereka akan memberikan serangan liar yang bisa menyebabkan luka maupun kerusakan yang fatal. Salah satunya adalah insiden yang menimpa seorang kickboxer belum lama ini.

Meskipun berhasil selamat dari serangan mematikan sang predator, namun bertarung dengan hiu merupakan pengalaman terburuk dalam sejarah hidup pria yang satu ini. Adalah Glenn Dickson, pria yang berasal dari Mission Beach di Queensland, Australia.

Singkat cerita, pria yang berprofesi sebagai seorang kickboxer ini sedang dalam perjalanan melakukan spearfishing di tengah laut bersama beberapa sahabatnya yakni Rick, Peter dan Aaron. Glenn kabarnya telah menyelam ke wilayah perairan yang dinilai aman untuk dikunjungi.

Namun, seekor hiu berukuran besar, tiba-tiba menghampirinya dan langsung menyerang secara brutal. Gigi tajam hiu tersebut berhasil merobek sebagian besar paha Glenn yang membuatnya mengalami pendarahan hebat dan rasa sakit yang luar biasa.

Sambil mengeluarkan jurus jitunya dan semangat besar untuk menyelamatkan diri, Glenn akhirnya berhasil selamat dari cengkraman hiu buas tersebut. Hiu tersebut lantas memuntahkan sebagian dari daging paha yang tertelan, sementara Glenn berusaha mencari tempat aman di balik bebatuan karang.

Teman-temannya Glenn yang menyaksikan kejadian itu berhasil menyelamatkannya dan membawanya kembali ke perahu. Masalah baru muncul ketika mereka harus melewati perjalanan selama lima jam untuk bisa kembali ke darat. Tentunya ini adalah momen menegangkan bagi Glenn dimana ia harus mempertaruhkan nyawanya karena kehilangan banyak darah.

Rick yang merupakan mantan marinir  Amerika Serikat (AS), berhasil membuat simpul yang berfungsi untuk membalut lukanya dan menyadarkan Glenn yang beberapa kali tampak terdiam. Glenn akhirnya diterbangkan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif setelah sempat koma.

"Pada satu tahap, ada begitu banyak darah yang keluar dari kaki sehingga saya hanya ada beberapa menit dari kematian. Saya kehilangan setengah darah di tubuh saya. Saya bisa melihat terang cahaya di mata saya dan tahu bahwa jika saya mengikutinya, maka saya tidak akan kembali. Saya memikirkan calon istri saya yang cantik, Jessie-Lee, dan anak-anak kami dan hal itu membuat saya bertahan dan tidak melepaskan hidup saya,” tutur Glenn, sebagaimana dilansir dari VT, Selasa (13/11/2018).

Glenn bercerita bahwa awalnya, ia sama sekali tidak memiliki kekhawatiran terhadap hewan yang satu itu. Namun, semuanya berubah ketika hewan buas itu tiba-tiba menyerang dan menghancurkan semua yang ada di hadapannya.

“Saya awalnya tidak pernah berpikiran takut terhadap hiu. Tapi saya benar-benar terkejut. Saya hanya merasakan pukulan yang luar biasa ini menembus seluruh tubuh. Seluruh kakiku ada di dalam mulutnya, dengan giginya di pahaku, yang akan menembus sampai ke tulang," lanjutnya.

Akibat kejadian tersebut Glenn harus kehilangan salah satu dari kakinya. Meski begitu, ia masih tetap mampu berlatih dan tidak menghalangi kaki prothetiknya menghalanginya dalam dunia bela diri.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini