4 Cara Ampuh Menetralisir Rasa Pedas di Lidah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 13 298 1977147 4-cara-ampuh-menetralisir-rasa-pedas-di-lidah-xAFgojhubu.jpg Ilustrasi (Foto: Firsteatright)

TIDAK semua bumbu memiliki tingkat kepedasan yang sama. Ada beberapa jenis bumbu rempah-rempah yang dapat menimbulkan sensasi rasa terbakar di lidah. Alih-alih meminum air mineral (air putih), sejumlah ahli justru menyarankan untuk menghindari hal tersebut.

Dilansir Okezone dari Food & Wine, Selasa (13/11/2018), berikut 4 cara ampuh menetralisir rasa pedas yang bisa Anda praktikan di rumah. Salah satunya dengan meminum produk dairy seperti susu.

Jangan langsung meminum air

Anda mungkin pernah mendengar bahwa minyak dan air tidak bisa menyatu. Nah, kandungan capsaicin yang terdapat pada cabai merupakan salah satu jenis minyak. “Ketika mulut Anda terbakar, jangan meminum air. Tindakan tersebut justru akan menyebarkan panas di sekitar mulut Anda,” saran Sarah Ayala, pemilik The Kiwi Importer. Namun jika Anda memiliki air putih dan cuka di tangan, Anda bisa memadukan kedua bahan tersebut untuk memecah lemak yang dapat meredakan suhu panas di dalam mulut.

Baca Juga: Aksi Heroik, Pramugari Berikan ASI ke Bayi Penumpang di Dalam Pesawat

Minum bir

Tidak seperti air, minuman beralkohol seperti bir bisa membantu Anda mengurangi rasa pedas, tapi tergantung dengan seberapa banyak bir yang Anda minum. “Alkohol memecah capsaicin, dan efek karbonasi dan kesejukannya dapat membantu meringankan panas,” kata Ayala.

kepedasan

Sementara itu, Boemer ternyata juga menggunakan trik ini, namun ia mengambil satu langkah lebih jauh. “Saya menambahkan bir dingin dengan perasan air jeruk nipis. Alkhol dan asam dari jeruk akan memecah lemak, dan cairin dingin berkarbon itu akan mengurangi gejala luka bakar,” tutur Boemer.

Baca Juga: Perempuan Ini Tuntut Mantan Pacar Rp153 Juta karena 'Burungnya' Terlalu Jumbo

Minum susu

Selain bir, Anda bisa mengurangi rasa pedas dengan meminum atau memakan hidangan yang mengandung kasein, yakni senyawa protein yang ditemukan di dalam produk dairy seperti susu. Cukup minum segelas susu yang mengandung protein tinggi, atau menyantap es krim yang terbuat dari greek yogurt sebagai makanan penutup.

Sekarang Anda bisa meminum air

Setelah rasa sakit di lidah sudah berkurang, Anda bisa menetralisirnya menggunakan air mineral. Pertama, basahi kain bersuhu dingin dengan air, lalu gunakan untuk mengusap wajah dan leher yang berkeringat. Ayala juga menyarankan untuk meminum satu botol air mineral. “Beristirahat dan kembali menghidrasi tubuh adalah langkah yang tepat untuk menghilangkan sensasi terbakar di dalam mulut. Cara ini akan membantu Anda pulih sepenuhnya,” kata Ayala.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini