nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Aksi Heroik, Pramugari Berikan ASI ke Bayi Penumpang di Dalam Pesawat

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 12:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 13 481 1977111 aksi-heroik-pramugari-berikan-asi-ke-bayi-penumpang-di-dalam-pesawat-wp5YjBR1Fc.jpg Patricia Oragano, Pramugari menyusui bayi penumpang (Foto: Goodnewsnetwork)

TUGAS seorang pramugari tidak hanya sekadar mengarahkan bagaimana cara pakai alat keselamatan di dalam pesawat atau memberikan senyum sapa kepada semua penumpang. Tugas pramugari lebih dari itu, membuat semua penumpang merasa nyaman dan dilayani dengan baik.

Prinsip ini yang kemudian diamini pramugari asal Filipina bernama Patrisha Organo yang bertugas untuk Philippine Airlines. Tahu bahwa ada bayi yang menangis tak berhenti di dalam pesawat, Oragano menghampiri bayi tersebut. Setelah menanyakan pada orangtuanya, si bayi ini lapar dan orangtuanya tidak memiliki susu formula yang cukup.

 BACA JUGA:

Bocah 8 Tahun Asal Amerika Ini Mendadak Viral di China, Ada Apa Ya?

"Sambil mata si ibu berkaca-kaca, dia bilang ke saya kalau susu formula bayinya habis," tulis Oragno di Facebooknya, seperti dikutip Okezone dari WQAD, Selasa (13/11/2018).

Melihat situasi itu, Organo yang juga memiliki anak perempuan di rumah merasa "terpanggil" untuk membantu. Bayi yang menangis dia anggap sebagai anaknya sendiri dan itu yang kemudian membuat dia meminta izin ke orangtua si bayi untuk memberikan pertolongan dengan memberikan ASI-nya.

 

“Saya berpikir, hanya ada satu hal yang dapat saya tawarkan dan itu adalah susu saya sendiri. Jadi saya menawarkannya," tulisnya. Setelah mendapat restu, Oragon langsung membawa si bayi ke ruang khusus dan memberikan ASI untuk si bayi. Setelah dirasa kenyang, Oragon kembali memberikan bayi mungil itu ke ibunya.

“Saya melihat kelegaan di mata ibunya. Saya terus memberi makan bayi sampai dia tertidur. Saya mengantarkannya kembali ke tempat duduknya dan tepat sebelum saya pergi, ibu itu dengan tulus berterima kasih kepada saya," tambahnya.

Organo mengatakan dia tahu bahwa apa yang dia lalukan mungkin akan menimbulkan perdebatan. Tapi, niat dia memberikan ASI jelas karena maksud membantu awak pesawat. Dia menganggap apa yang dia lakukan bagian dari pelayanan terbaik untuk penumpang pesawatnya.

 BACA JUGA:

Hari Rabu Waktu yang Tepat Mengirimkan CV ke Perusahaan, Ini Alasannya!

Perlu Anda ketahui, menyusui memiliki banyak manfaat kesehatan bagi bayi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, dengan memberikan ASI ke si bayi dipercaya dapat menurunkan risiko beberapa infeksi, diabetes tipe 2, dan asma. Tetapi Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan AS merekomendasikan untuk memeriksakan diri ke dokter sebelum memperbolehkan perempuan lain memberikan ASI untuk bayi Anda.

Menerima ASI dari wanita yang bukan ibu dari si bayi beresiko mengekspos penyakit menular pada anak. "Selain itu, risiko kontaminan kimia dan penyebaran dampak dari obat-obatan terlarang yang dikonsumsi si perempuan bisa membahayakan si bayi," menurut situs web FDA.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini