nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bayi Laki-Laki Disunat Lebih Cepat Bisa Kurangi Risiko Infeksi Saluran Kemih

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 13 November 2018 15:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 13 481 1977226 bayi-laki-laki-disunat-lebih-cepat-bisa-kurangi-risiko-infeksi-saluran-kemih-ulBjsdBIR9.jpg Ilustrasi (Foto: Pexels)

BANYAK ibu muda kini panik karena banyak bayi laki-laki sering mengalami infeksi saluran kemih. Akhirnya diputuskan untuk sunat sejak bayi untuk meminimalisir risiko tersebut.

Menanggapi hal itu, rupanya dokter menyetujui kebutuhan kaum ibu yang memutuskan untuk menyunat anaknya sejak bayi. Sikap tersebut sudah tepat dilakukan, karena mencegah risiko bahaya.

Spesialis Anak dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K), mengatakan, bayi laki-laki memang sering mengalami infeksi saluran kemih. Sebabnya, kulup penisnya saat lahir sudah dalam kondisi rapat sekali.

 (Baca Juga:Unik Banget! 5 Rumah Tokoh Kartun Legendaris Ini Ada Di Dunia Nyata)

"Sunat jadi salah satu risiko menurunkan infeksi saluran kemih. Saat lahir kulit kulup rapat sekali, jadi tidak bisa dibersihkan," terang dia, saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (13/11/2018).

 

Dia mencontohkan, di Amerika Serikat, banyak bayi laki-laki baru lahir langsung disunat karena menghilangkan risiko infeksi saluran kemih. Sebab, bayi tersebut sangat rentan apabila tidak ada pencegahan.

 (Baca Juga:Bocah 8 Tahun Asal Amerika Ini Mendadak Viral di China, Ada Apa Ya?)

Sementara di Indonesia, biasanya anak baru disunat menjelang akil baligh. Padahal risiko terkena infeksi saluran kemih justru semakin besar.

"Tindakan sunat bisa menurunkan risiko infeksi. Jadi lebih cepat disunat, pasti lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, jika anak sudah terkena infeksi saluran kemih, lama-lama akan terdeteksi indikasi medis gangguan ginjal. Biasanya mengarah pada masalah ginjal kronik yang harus diwaspadai.

"Ini pasti ada hubungannya, jadi yang jelas anak bisa disunat lebih dulu," bebernya.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini