nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Napas Baru Busana Muslim Pria dari Tangan Ivan Gunawan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 20:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 14 194 1977915 napas-baru-busana-muslim-pria-dari-tangan-ivan-gunawan-7vRAFWZbzC.jpg Koleksi busana Muslim pria rancangan Ivan Gunawan (Foto: Sukardi/Okezone)

KONSERVATIF dan monoton menjadi ciri khas busana pria kebanyakan. Itu tergambar dari warna-warna yang biasa dipakai, pun padupadan motif dan warna yang terkesan lebih flat dan tidak dinamis.

Menjadi lebih statis ketika memasukkan konsep agama di dalam koleksi busana. Designer Ivan Gunawan sadar betul bahwa dalam berpakaian, seorang Muslim harus mengacu pada apa yang sudah ditetapkan agama. Makanya, di koleksi teranyarnya yang bernapas hijrah-wear kekinian, Ivan banyak observasi dan membaca beberapa referensi.

"Saya sadar betul bahwa agama mengatur bagaimana seorang Muslim berpakaian. Makanya, di koleksi lini fashion Khalif ini, saya tidak bermain dengan motif, simbol, karikatur, atau penggambaran sosok tertentu. Saya hanya bermain di warna dan ada pakem celana "ngatung" yang mesti diikuti," terangnya pada Okezone sebelum pagelaran show perdana Khalif di Empirica Jakarta, Rabu (14/11/2018).

 (Baca Juga:Anak Konglomerat India Menikah, Undangan yang Disebar Ditaksir Rp60 Juta!)

Secara detail, di koleksi lini fashion Khalif ini Ivan tidak menunjukan idealismenya secara total. Dia sadar bahwa pria Indonesia khususnya tidak terlalu berani eksplorasi desain atau warna pada pakaiannya. Hal ini sangat terasa dalam 61 koleksi Khalif yang terkesan tidak dinamis tapi tetap terasa kekiniannya.

Perlu Anda ketahui, di lini fashion Khalif ini, Ivan coba menunjukkan 4 sekuens yang berbeda. Mulai dari gaya casual, sporty, occation, dan formal. Setiap sekuens ini Ivan menonjolkan rasa yang berbeda. Tapi masih dalam satu rasa yang sama, Muslim milenial.

Pada beberapa koleksi, gaya seperti patchwork berpotongan besar menjadi hal yang unik dan menjadi napas baru gaya Muslim milenial ini. Kemudian, penggunaan bahan seperti katun, linen, kanvas, bahkan denim menciptakan gaya maskulin yang tidak biasa. Aksen kerah khas busana koko pun coba diaplikasikan dalam aksen yang lebih tegas tapi tetap santai.

 (Baca Juga:Sama seperti Perempuan, Pria Juga Bisa Alami PMS & Baby Blues)

Di koleksi Khalif ini, Anda bisa mendapatkan gaya t-shirt, polo shirt, kemeja lengan pendek, kemeja lengan panjang, jaket, celana jogger, celana 7/8, atau celana oversized memberi pilihan atau opsi yang beragam dalam berbusana bagi para pria Muslim yang kekinian. Satu yang unik, koleksi Ivan ini coba menyajikan sesuatu yang basic menjadi busana yang lebih modern mesti tidak banyak hal ditonjolkan dalam koleksinya.

Sebagai tambahan, koleksi perdana Khalif ini dibagi menjadi tiga unsur; Sun di mana terdapat sentuhan warna khaki dan marun; Sea yang lebih beraroma putih, biru, dan kotak-kotak; dan Earth yang lebih menonjolkan hitam putih dan beberapa gradasi warna sebagai statement menariknya.

"Untuk bisa tampil stylish dan kekinian, pria Muslim tidak perlu khawatir dengan pilihan busana. Dengan permainan warna dan padupadan item fashion, itu bisa bikin mereka tetap sesuai aturan agama tapi juga bisa terlihat modern," tambah Ivan lantas tersenyum.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini