Share

5 Kiat Ampuh Atasi Anak Rewel Berlebihan

Pradita Ananda, Okezone · Kamis 15 November 2018 07:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 14 196 1977866 5-kiat-ampuh-atasi-anak-rewel-berlebihan-oQOgSFEinX.jpg Ilustrasi anak menangis (Foto: Theasianparent)

PLAYDATE atau bermain bersama dengan anak-anak lainnya, bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak sekaligus orangtua. Sebab, bermain bersama atau sekarang biasa disebut playdate juga sekaligus bisa menjadi ajang media belajar untuk anak.

Akan tetapi saat playdate, tidak menutup kemungkinan anak tiba-tiba menjadi tantrum berlebihan. Saat dihadapi dengan situasi ini, orangtua sebetulnya tak perlu bingung dan panik. Dengan mengetahui kiat yang tepat, kondisi anak tantrum berlebihan saat playdate bisa diatasi.

Apa langkah yang harus dilakukan orangtua saat anak tantrum berlebihan ketika sedang playdate? Mengutip #BukuMamaBisa : Bikin Playdate Sendiri, yang disusun oleh Danesya Mayra Juzar, Dyah Ayu Amallia dan Irna Nurul Fatimah, Kamis (15/11/2018) berikut ulasan singkat 5 kiat yang bisa dicoba.

BACA JUGA:

Anak Konglomerat India Menikah, Undangan yang Disebar Ditaksir Rp60 Juta!

Take a time out

Pisahkan anak dari teman-temannya, biarkan anak melepaskan tantrumnya dengan tetap diawasi.

 

Negosiasi dan beri pilihan

Tanyakan anak penyebab anak tantrum dan apa yang bisa membuatnya tenang. Misalnya, jika anak bosan beri pilihan padanya untuk berjalan-jalan keluar area playdate agar bisa tenang. Biarkan anak beristirahat dari kegiatan bermain lalu beri makanan dan minuman pada anak. Saat sudah tenang, baru biarkan anak bermain kembali dengan temannya.

Beri pengertian

Beri pengertian pada anak tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama playdate, apa yang akan terjadi ketika playdate, dan bagaimana mengatasi setiap kejadian yang mungkin terjadi (misalnya berbagi mainan bersama teman).

Buat kesepakatan bersama

Buat kesepakatan bersama soal keikusertaan anak dalam playdate dan menjelaskan konsekuensinya, kesepakatan yang sudah disepakati, dilanggar. Misalnya anak sudah membuat kesepakatan bahwa dalam playdate akan berbagi mainan dan main bersama.

 BACA JUGA:

Dari Bimtek Kemenpar, Ini Dia Strategi Dongkrak Ekowisata Hutan Gede-Pangrango

Pulang

Jika anak masih merasa tak nyaman, tanyakan pada anak apakah lebih baik pulang dan tidak melanjutkan playdate. Jika anak sudah tidak mau bermain, tidak perlu dipaksakan, maka langsung saja ajak anak untuk pulang.

Baca Juga: Dua Kapal Ikan Asing Pelaku IUU Fishing Berhasil Diamankan BAKAMLA dan KKP RI

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini