Share

5 Makanan Alami yang Ampuh Membentuk Otot Tubuh

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 13:17 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 14 298 1977671 5-makanan-alami-yang-ampuh-membentuk-otot-tubuh-D3mmVFPmRP.jpg Yogurt untuk makanan pembentuk otot (Foto:Shutterstock)

MANUSIA membutuhkan protein untuk bertahan hidup. Pasalnya, asam amino yang membentuk protein juga berkhasiat membentuk dan meningkatkan kekuatan otot, memproduksi antibody, enzim, melancarkan aliran darah, dan masih banyak lagi.

Mengingat tubuh tidak dapat menyimpan senyawa tersebut sebagai energi cadangan, Anda harus mengonsumsi protein setiap hari. Menurut Harvard Health Blog, manusia direkomendasikan untuk mengonsumsi sekitar 0,8 gram protein untuk setiap kilogram berat badan.

Dari sekian banyak bahan makanan yang mengandung protein, ada 5 rekomendasi makanan berprotein yang dapat dikonsumsi setiap hari, terutama bagi Anda yang sedang fokus membentuk atau memperbesar massa otot. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari Foodbeast, Rabu (14/11/2018).

Telur

Anda dapat mengolah telur menjadi berbagai hidangan lezat. Namun perlu diketahui, menurut sejumlah ahli, telur dapat meningkatkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun sains modern tidak setuju dengan hal tersebut. Pertanyaannya sekarang, berapa banyak telur yang harus Anda konsumsi setiap hari? Jawabannya, sebanyak yang Anda inginkan. Satu telur mengandung sekitar 6 gram protein dan kurang dari 1 gram karbohidrat. Jadi jangan ragu mengonsumsi telur untuk memperkuat otot Anda.

Biji gandum (quinoa)

Bahan makanan ini sangat populer di kalangan vegetarian karena kaya akan protein. Quinoa atau biji gandum bisa jadi pilihan yang tepat jika Anda sedang mengurangi asupan gula. Hidangan ini tidak memiliki kandungan sama sekali. Kabar baiknya, quinoa justru mengandung 9 gram protein untuk setiap cangkir yang Anda konsumsi. Selain quinoa, Anda juga bisa mengonsumsi edamame, selai kacang, dan tahu yang juga kaya protein.

Dada ayam

 

Dibandingkan jenis daging lainnya, dada ayam cenderung memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah. Sebagai gantinya, bahan makanan ini mengandung 31 gram protein untuk satu porsi makanan seberat 3,5 ons. Jadi tidak mengherankan jika banyak binaragawan yang gemar mengonsumsi dada ayam untuk meningkatkan massa otot mereka. Teknik pengolahannya pun cenderung praktis, Anda bisa memanggang dada ayam menggunakan oven di rumah.

Greek Yogurt

Greek yogurt adalah sumber nutrisi yang luar biasa untuk meningkatkan massa otot, karena mengandung protein yang sangat tinggi. Bahan makanan ini juga dapat dikreasikan menjadi berbagai hidangan lezat. Satu porsi greek yogurt mengandung 20 gram protein. Khasiatnya juga dapat menstabilkan kadar gula darah di dalam tubuh.

Salmon liar

Salmon liar mengandung banyak asam lemak omega-3 yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak hanya itu, bahan makanan ini juga memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Satu fillet salmon (3-ons) mengandung sekitar 17 gram protein, dan sejumlah nutrisi baik lainnya seperti zinc, zat besi, dan vitamin B.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini