nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Musim Liburan, Coba Tips Cari Tiket Penerbangan Murah

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 15:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 14 406 1977662 musim-liburan-coba-tips-cari-tiket-penerbangan-murah-lulJ6ngXTP.jpg Travel Inline (Foto: Nextadvisor)

MENJELANG libur Natal dan Tahun Baru bulan depan, merencanakan untuk pergi berlibur merupakan ide yang paling tepat untuk dilakukan. Ya, Anda pasti membutuhkan liburan untuk menghilangkan kepenatan dari hiruk pikuk kemacetan serta pekerjaan yang menggunung.

Akan tetapi, merencanakan liburan tentu saja tidaklah murah. Apalagi jika destinasi yang Anda tuju cukup jauh dan harus menggunakan pesawat terbang untuk mencapainya. Tentunya ada beberapa trik yang harus Anda lakukan agar budget tidak meleset dari anggaran yang sudah ditetapkan.

Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa beberapa perubahan telah terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Banyak orang terbiasa memesan tiket penerbangan seminggu sebelum keberangkatan.

 BACA JUGA:

BPOM Tarik 6 Jenis Kosmetik Mengandung Bahan Dilarang & Berbahaya

Anda mungkin tidak berpikir cara ini dapat membuat perbedaan besar dengan memesan tiket pada hari yang berbeda, faktanya cara ini bisa membuat Anda menghemat beberapa ratus ribu hanya dengan berpikir strategis tentang perjalanan Anda.

Bahkan, ada sejumlah cara yang bisa Anda gunakan untuk "menipu" sistem agar mendapatkan liburan termurah, dan itu semua bergantung pada kecerdasan Anda saat merencanakan liburan ke depannya.

 

Salah satu hal terpenting untuk diingat ketika memesan liburan via online adalah memastikan bahwa browser Anda dalam mode penyamaran atau "pribadi". Metode ini akan mencegah situs apa pun yang Anda kunjungi menggunakan cookie pelacakan dan disimpan dalam riwayat pencarian Anda.

Nah trik ini akan membantu menjaga harga penerbangan tetap rendah karena situs perjalanan biasanya akan menaikkan harga penerbangan setiap kali Anda berkunjung ke wesbite itu untuk memesan tiket.

Sebagaimana dilansir VT, Rabu (14/11/2018), Expedia juga telah menemukan cara  bahwa pemesanan tiket setidaknya 21 hari sebelum Anda berniat melakukan perjalanan akan memberikan harga terbaik. Tentu saja, Anda harus melakukannya pada hari Minggu jika memungkinkan.

Cara ini dapat membantu jika Anda memiliki fleksibilitas ketika ingin membuat rencana. Secara statistik, hari termurah untuk melakukan penerbangan adalah Jumat, tetapi perlu diingat bahwa Anda jangan bergantung pada harga tersebut.

Banyak situs yang benar-benar memungkinkan Anda menemukan tanggal perjalanan 3 hari sebelumnya. Beberapa situs bahkan akan menyortir penerbangan menurut bulan termurah. Jika Anda bisa, cobalah untuk memesan setidaknya beberapa bulan sebelum bepergian.

Dengan cara itu Anda akan dapat lebih selektif dengan tanggal dan berangkat di sekitar opsi termurah. Terlebih lagi, Anda harus selalu mempertimbangkan total biaya penerbangan sebelum booking. Beberapa perusahaan memasukkan makanan, bagasi, dan pilihan tempat duduk di harga tiket mereka.

Namun, secara umum, biaya perjalanan ke luar negeri menjadi lebih murah. Karena semakin banyak perusahaan menawarkan penerbangan, persaingan untuk memberi pelanggan harga terbaik yang berada pada titik tertinggi sepanjang waktu, dan harga itu kemungkinan akan turun lebih jauh seiring berjalannya waktu.

 BACA JUGA:

Pesan Kue Bertema Kodok untuk Ulang Tahun Anaknya, Seorang Ayah Syok Setelah Lihat Hasilnya!

Jadi, jika Anda memiliki tujuan untuk liburan tahun depan, ada baiknya memeriksa beberapa penerbangan pada hari Minggu untuk mendapatkan perkiraan kasar mengenai tarif perjalanan Anda.

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini