BPOM Tarik 6 Jenis Kosmetik Mengandung Bahan Dilarang & Berbahaya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 12:19 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 14 481 1977642 bpom-tarik-6-jenis-kosmetik-mengandung-bahan-dilarang-berbahaya-lHFTPPci8j.jpeg Bpom tarik 6 jenis kosmetik berbahaya (Foto: M.Sukardi/Okezone)

SEMAKIN banyak kosmetik yang beredar di Indonesia. Hal ini juga tidak lepas dari tren kecantikan yang semakin menjamur di kalangan masyarakat.

Namun sayangnya, apa yang ada di pasar tidak semuanya adalah kosmetik yang baik untuk kesehatan. Berdasar fakta yang dipaparkan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Rabu (14/11/2018), diketahui selama 2018 ini ada 6 item kosmetik yang mengandung bahan dilarang atau bahan berbahaya (BD/BB) dengan kadar yang tidak sesuai dengan ketentuan BPOM.

Lebih lanjut, jika ditotal, sampai sekarang jumlah kosmetik yang ilegal sudah ada sebanyak 563 item senilai Rp 112 miliar. Kosmetik-kosmetik ini membahayakan masyarakat karena mengandung bahan-bahan dilarang dan berbahaya yang mana ini bisa menyebabkan masalah kesehatan seperti kanker, kelainan pada janin, dan iritasi kulit serius.

 BACA JUGA:

Terungkap, Makan Keju Bisa Bikin Panjang Umur!

"Kosmetik ini berada di jalur ilegal, mengandung bahan dilarang atau berbahaya dan ini membahayakan masyarakat," tegas Kepala BPOM Penny K. Lukito, saat diwawancarai Okezone di acara Public Warning 2018 di Hotel Kartika Chandra Jakarta.

Penny melanjutkan, semakin banyak kosmetik yang menawarkan hasil yang instan. Hal ini yang mengkawatirkan karena bisa saja kosmetik itu mengandung bahan yang berbahaya. "Iklan juga menampilkan wajah dan tubuh yang putih dengan bintang iklan wanita dari negara yang kulitnya putih. Hal ini perlu diperhatikan juga supaya tidak menyesatkan masyarakat," sambungnya.

Di kesempatan ini, Penny juga menyarankan untuk seluruh pelaku usaha e-commerce untuk mendaftarkan izin edar produksinya supaya menjamin keselamatan masyarakat. "Tidak bisa dipungkiri, sekarang ini e-commerce semakin marak dan meski dijual online, kami berharap para produsen komestik online tetap mendapatkan izin edar supaya masyarakat terjamin kesehatannya," ungkap Penny.

Bahan berbahaya dan dilarang yang terkandung di dalam kosmetik ini antara lain logam berat timbal (Pb) dan bahan pewarna dilarang (Merah K3). Produk kosmetik yang mengandung bahan berbahaya dan dilarang ini ternyata 100% produk lokal dengan kategori rias wajah.

 BACA JUGA:

Pesan Kue Bertema Kodok untuk Ulang Tahun Anaknya, Seorang Ayah Syok Setelah Lihat Hasilnya!

Berikut daftar kosmetik yang ditarik BPOM karena berbahaya;

1. MARIE ANNE Beauty Shadow 02 (timbal)

2. MARIE ANNE Beauty Shadow 07 (timbal)

3. QL Matte Lipstick 07 (Sunset orange) (Merah K3)

4. QL Matte Lipstick 08 (Flaming Red) (Merah K3)

5. QL Matte Lipstick 09 (Pretty Peach) (Merah K3)

6. QL Matte Lipstick 10 (Lady Red) (Merah K3)

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini