nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Ramuan Alami dan Murah yang Bisa Meredakan Sakit Tenggorokan

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 20:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 14 481 1977825 4-ramuan-alami-dan-murah-yang-bisa-meredakan-sakit-tenggorokan-w29bCQJ1n2.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MEMASUKI musim hujan, banyak orang yang terserang pilek atau flu. Bila sudah begitu, biasanya merembet ke masalah sakit tenggorokan. Masalah yang satu ini terkadang menjadi sangat menjengkelkan.

Sakit tenggorokan membuat seseorang sulit untuk menelan, makan, atau tertidur. Kondisi ini terjadi karena adanya peradangan di amandel atau lapisan tenggorokan. Penyebabnya apalagi jika bukan virus yang telah menembus sistem kekebalan tubuh.

Beruntung ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memulihkan tenggorokan dari rasa sakit. Tak perlu ke dokter dan konsumsi obat, ramuan tertentu yang bisa dibuat di rumah cukup membantu. Berikut ulasannya seperti yang dikutip Okezone dari Independent, Rabu (14/11/2018) :

1. Minum satu sendok teh madu


Sejak lama madu telah disebut sebagai obat penyembuhan alami dalam pengobatan tradisional. Madu memiliki sifat antibakteri yang dapat mengurangi peradangan. Madu juga bersifat demulen yaitu melapisi tenggorokan dengan film lengket yang mengurangi iritasi ketika seseorang menelan.

 (Baca Juga:Marak Obat Tradisional Mengandung Bahan Berbahaya, BPOM Tarik 7 Merk Abal-Abal)

2. Berkumur dengan air asin

Cara ini mungkin bukan ide yang paling menarik. Akan tetapi mengaliri air asin di tenggorokan dapat membantu mengurangi pembengkakan jaringan yang menyakitkan dan membunuh bakteri yang tidak diinginkan. Untuk membuat larutan, campurkan setengah sendok teh garam dalam segelas air hangat lalu berkumurlah selama satu atau dua menit. Usahakan untuk tidak menelannya.

3. Minum teh kamomil


Jenis teh yang satu ini tidak hanya bisa meredakan sakit perut. Menurut penelitian, kandungan anti-inflamasi, antioksidan, dan astringen pada teh kamomil mungkin memiliki efek yang menenangkan ketika seseorang mulai merasakan sakit tenggorokan. Teh ini juga bebas kafein sehingga bisa diminum tepat sebelum tidur tanpa mengganggu pola tidur. Tambahkan satu sendok teh madu ke dalam cangkir teh untuk mendapatkan manfaat penyembuhan tambahan.

 (Baca Juga:Pesan Kue Bertema Kodok untuk Ulang Tahun Anaknya, Seorang Ayah Syok Setelah Lihat Hasilnya!)

4. Peras lemon ke dalam air panas


Beberapa orang yang meminum air lemon panas berharap dapat mengurangi berat badan dan membuat kulit bersih. Tetapi lebih dari itu, air lemon panas dapat mengurangi gejala flu. Lemon memiliki kekuatan antibakteri, antivirus, dan menambah kekebalan tubuh. Buah yang satu ini dapat menciptakan lingkungan asam di tenggorokan sehingga membuat virus dan bakteri lebih sulit untuk berkembang biak. Lemon juga kaya akan vitamin C yang menurut beberapa penelitian dapat membantu melawan flu.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini