nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Mudah Cek Keamanan Obat, Kosmetik dan Makanan yang Sudah Lulus Uji BPOM

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 17:49 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 14 481 1977834 cara-mudah-cek-keamanan-obat-kosmetik-dan-makanan-yang-sudah-lulus-uji-bpom-dpI5iNV2i3.jpeg Ilustrasi cek keamanan produk yang sudah lulus uji BPOM (Foto: M.Sukardi/Okezone)

SEMAKIN mudahnya masyarakat dalam mengakses produk yang diinginkan, membuat produsen "kalengan" semakin mudah menjangkau pasarnya. Tentu dengan mengabaikan sisi keamanan dan kesehatan.

Hal ini membuat masyarakat harus melek dengan produk yang berkualitas dengan produk abal-abal. Menyantumkan nomor registrasi Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) saja tidak bisa menjamin produk itu benar sudah diakui keamanannya.

 BACA JUGA:

Sama seperti Perempuan, Pria Juga Bisa Alami PMS & Baby Blues

Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban pemerintah dalam hal ini BPOM untuk mengedukasi masyarakat terkait dengan mengenali mana produk yang benar bermanfaat dan mana produk yang menyesatkan.

"Kita semua bertanggung jawab untuk menjamin keamanan dan kesehatan produk khususnya obat, kosmetik, dan makanan yang dikonsumsi masyarakat dan dengan semakin teredukasinya masyarakat, diharapkan kasus-kasus barang ilegal ini semakin hilang," papar Kepala BPOM Penny K. Lukito, saat diwawancarai Okezone, Rabu (14/11/2018).

 

(Foto: Obat dan kosmetik yang ditarik BPOM)

Nah, sebagai upaya untuk mempermudah masyarakat mengetahui mana produk yang benar baik mana yang menyesatkan, BPOM ternyata punya aplikasi yang bisa diunduh di ponsel pintar Anda masing-masing. Aplikasi itu bernama "Cek Produk BPOM".

Dijelaskan Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan, dan Kosmetik Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) RI Dra. Mayagustina Andarini, M.Sc, Apt, aplikasi ini penting dimiliki masyarakat agar apa yang mereka beli benar baik dan membawa manfaat.

"Kalau Anda ingin yakin bahwa produk yang dibeli itu aman dan tercantum di dalam nomor registrasi BPOM, Anda bisa mengeceknya di aplikasi ini. Gampang banget cara pakainya," kata Mayagustina di acara yang sama.

 BACA JUGA:

Pangeran Charles Ulang Tahun ke-70, Kerajaan Inggris Rayakan dengan Rilis 2 Foto Keluarga

Dia menuturkan, di aplikasi ini Anda bisa mengetahui nomor registrasi produk yang Anda beli benar terdaftaf atau tidak. Tak hanya nomor registrasi, Anda juga bisa mengeceknya dari nama merek atau nama perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut. "Jadi, tinggal masukkan kode registrasinya dan Anda bisa tahu apakah produk tersebut benar terdaftar di BPOM atau tidak," tambah Mayagustina.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini