Cegah Anak Pilek di Musim Hujan dengan Hal Ini

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 14 November 2018 21:15 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 14 481 1977908 cegah-anak-pilek-di-musim-hujan-dengan-hal-ini-nmmoMC2xz2.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

PILEK dan flu menjadi gangguan kesehatan yang umum terjadi di musim hujan. Masalah kesehatan ini juga bisa menyerang siapa saja tak terbatas pada usia. Namun anak-anak dapat lebih sering terkena pilek atau flu karena daya tahan tubuhnya yang belum optimal.

Penelitian menunjukkan rata-rata orang dewasa hanya mengalami tiga kali pilek atau flu per tahun. Sedangkan anak-anak yang lebih muda dapat terserang pilek atau flu rata-rata empat kali per tahun dan bahkan lebih. Menurut ahli Dr Roger Henderson, anak-anak dapat terserang flu dari saudara, orangtua, anggota keluarga lainnya, dan teman bermain. Semuanya tergantung pada usia dan gaya hidup anak.

 (Baca Juga:Berbusana Seksi dengan Latex Dress, Manohara: "Saya Suka dengan Lekuk Tubuh Saya")


“Secara umum, anak-anak mendapatkan lebih sedikit pilek saat mereka bertambah usia. Anak-anak yang lebih banyak beraktivitas di luar ruangan juga mengalami lebih sedikit pilek karena paparan terhadap cuaca dingin," ujar Dr Roger seperti yang dikutip Okezone dari Mirror, Rabu (14/11/2018).

 (Baca Juga:Lihat Gaya Glamor Anak Konglomerat Terkaya di Asia, Isha Ambani yang Memikat)

Dirinya menambahkan apabila orangtua ingin menghindarkan anaknya dari pilek maupun flu, penting untuk mengajarkan kebersihan tangan. Anak harus selalu mencuci tangannya sebelum makan dan setelah bermain di luar ruangan. Mencuci tangan pun harus dilakukan dengan cara yang benar.

 

“Gunakan sabun dan air untuk menggosok tangan selama minimal 20 detik. Bila tidak memungkinkan untuk mencuci tangan, gunakan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol atau antiseptik," tambah Dr Roger.

 (Baca Juga:Anak Konglomerat India Menikah, Undangan yang Disebar Ditaksir Rp60 Juta!)

Selain itu, ajarkan anak untuk menggunakan tisu daripada sapu tangan ketika sedang pilek dan hendak mengeluarkan lendir. Sebab sapu tangan bila digunakan untuk membuang lendir dapat menjadi sarang bakteri dan virus. Pastikan pula anak memiliki peralatan mandi dan makan sendiri.

Cara lainnya adalah semprot mainan anak dengan desinfektan, ajarkan anak menutup hidung dengan bahu ketika bersin, menjaga ventilasi udara tetap baik, dan pastikan anak meminum cairan dalam jumlah cukup untuk menjaga daya tahan sistem kekebalan tubuh.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini