nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tantangan Generasi Milenial dalam Menentukan Karier

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 21:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 15 196 1978395 tantangan-generasi-milenial-dalam-menentukan-karier-JOq9AVU7CW.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

GENERASI milenial punya banyak tantangan dalam menekuni sebuah karier. Terlebih, saat ini mereka hidup di zaman serba digital dan tidak sering menghadapi sebuah proses panjang.

Padahal bidang lapangan pekerjaan saat ini sangat luas dan bervariasi. Tapi pastinya kalau salah pilih bisa bikin Anda cepat putus asa.

Konsultan People Development and Culture Ricky Setiawan mengatakan, anak muda saat ini banyak yang belum mampu menentukan kariernya di masa depan. Mereka sebagian bukanlah tipe anak muda yang suka berencana.

 (Baca Juga:Seorang Introvert Mampukah Jadi Pemimpin untuk Orang Lain?)

"Yang paling sering dihadapi anak muda, banyak yang belum tahu jadi apa, belum tahu mau ngapain. Ini jadi tantangan besar," ujar Ricky saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (15/11/2018).

 

Padahal, menurut Ricky, dunia pekerjaan saat ini tanpa ada batasnya. Mestinya, generasi milenial paham dengan tujuan hidup, juga tahu bakat dari awal.

Ketika bekerja, seseorang biasanya bergantung pada passion. Setelah memahami diri sendiri, barulah menentukan pilihan dalam berkarier.

 (Baca Juga:Studi: Ibu Tularkan 'Kutukan' yang Berdampak pada Kisah Percintaan Kamu Sekarang)

"Kalau sudah tahu apa bakatnya, maka harus selesaikan dulu masalah yahg dihadapi. Ini sama dengan melihat kesenangan dan passion pribadi dalam bekerja," tambahnya.

Selain sulit menentukan pekerjaan, tambah CEO Impact Factory itu, generasi milenial senangnya terburu-buru dalam berproses. Padahal saat ingin mendapat sebuah penghargaan, pasti bakal menghadapi suatu hal yang berliku. Sampai-sampai, generasi milenial banyak yang takut gagal sampai akhirnya putus asa.

"Ada beberapa fase yang dihadapi saat ingin mendapatkan sesuatu yang berharga. Padahal butuh proses, jadi jangan takut kalau gagal," terang dia.

Langkah antisipasi tentunya harus dilakukan oleh seseorang dalam menggapai impian. Tapi tentu harus banyak sabar dan menikmati setiap proses tersebut.

"Kalau mengalami kegagalan, dampaknya bisa saja cepat frustasi, mudah menyerah, dan membuang waktu," pungkas dia.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini