Ramai Jokowi Pakai Jaket 'Bubur Ayam Racer', Yuk Intip 4 Kreasi Bubur Unik Asli Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 19:46 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 15 298 1978425 ramai-jokowi-pakai-jaket-bubur-ayam-racer-yuk-intip-4-kreasi-bubur-unik-asli-indonesia-5Z0jhsXojg.jpg Bubur Bali (Foto: @balibalibanget/Instagram)

ADA pemandangan unik saat Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Kota Bandung, Jawa Barat, pekan lalu. Ia terlihat mengenakan sebuah jaket varsity bertuliskan “Bubur Ayam Racer” ketika mengikuti konvoi sepeda motor. Tampilan ootd-nya itu pun langsung menjadi perbincangan hangat di kalangan netizen Indonesia.

Tak sedikit netizen yang bertanya-tanya, apakah bubur ayam menjadi salah satu makanan favorit Presiden Jokowi, mengingat pria asal Solo itu diketahui gemar menyantap kuliner khas Nusantara.

Nah berbicara soal bubur, Indonesia sebetulnya memiliki beragam kreasi bubur unik yang mungkin belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Kamis (15/11/2018).

Bubur Anti Tumpah, Bandung

Salah satu kreasi bubur paling unik yang ada di Indonesia adalah bubur anti tumpah hasil kreasi kedai Bubur Ayam Mang Haji Oyo Tea. Tempat makan yang satu ini cukup terkenal di kalangan pencinta kuliner Bandung karena rasanya yang lezat dan tekstur buburnya yang sangat kental. Saking kentalnya, bubur ini tidak akan tumpah meski mangkuk atau piring sajinya dibalik atau dimiringkan. Itulah sebabnya kreasi bubur Mang Oyo dijuluki bubur anti tumpah.

Kendati demikian, tekstur bubur ini ternyata sangat lembut serta memiliki rasa gurih yang menggugah selera. Untuk memperlezat cita rasanya, olahan bubur ini biasanya disajikan dengan telur ayam, ati ampela, cakue, kacang kedelai, dan sambal cabai. Harganya pun relatif terjangkau mulai dari Rp14 ribu – Rp16 ribu. Belum lama ini, calon wakil presiden nomor urut 2, Sandiaga Uno juga sempat menyambangi langsung kedai Bubur Mang Oyo saat melakukan kunjunga ke Kota Bandung.

bubur

(Foto: @buburayammangoyo/Instagram)

Bubur Lemu, Solo

Tidak kalah uniknya, olahan bubur yang satu ini bisa Anda temukan saat berwisata kuliner di Kota Solo, Jawa Tengah. Bubur lemu terdiri dari seporsi bubur putih yang dicampurkan dengan gudeg. Selain itu, sejumlah pedagang juga kerap menyajikan hidangan tersebut dengan ceker pedas yang menggugah selera.

Salah satu rekomendasi tempat makan bubur lemu adalah Gudeg Ceker Bu Kasno yang lokasinya berada tepat di depan Gereja Kristen Jawa Mergoyudan.

bubur Lemu

(Foto: @apriliasoebroto904/Instagram)

Bubur Sayur, Jogja

Bergeser sedikit ke Daerah Istimewa Yogyakarta, di tempat ini Anda bisa menemukan olahan bubur sayur yang dihidangkan bersama mangut. Pilihan mangutnya pun cukup beragam, Anda bisa memilih mangut lele, belut, atau ikan mas.

Baca Juga: Bertemu Bocah Asongan yang Mampu Berbicara Lebih dari 10 Bahasa

Masih belum cukup? Anda juga dapat menambahkan beberapa makanan pelengkap seperti kikil, usus, tempe tahu pedas, hingga jeroan. Nah, salah satu rekomendasi tempat untuk menyantap bubur sayur adalah Warung Bubur Sayur Djoyo di Jalan Raya Tajem, Maguwoharjo.

bubur sayur

(Foto: @djoyo_bubur/Instagram)

Bubur Bali

Selama ini, Bali dikenal sebagai salah satu pusat kuliner Nusantara. Mulai dari ayam Betutu, sate lilit, dan nasi pedas adalah beberapa contoh kuliner tradisionalnya. Namun tahukah Anda, destinasi wisata andalan Indonesia ini juga memiliki olahan bubur yang unik yang dikenal dengan nama, bubur bali.

Baca Juga: Berbusana Seksi dengan Latex Dress, Manohara: "Saya Suka dengan Lekuk Tubuh Saya"

Satu porsi bubur bali terdiri dari bubur, sayur urap, mi, kuah ayam betutu, suwiran daging ayam, dan potongan hati ayam. Selain itu, keunikan bubur ini juga terletak pada proses penyajiaannya. Beberapa pedagang menyajikan bubur bali di atas daun pisang. Menarik bukan?

bubur Bali

(Foto: @balibalibanget/Instagram)

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini