nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Tips Menyusun Rencana Perjalanan agar Liburan Tidak Berantakan

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 16:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 15 406 1978235 4-tips-menyusun-rencana-perjalanan-agar-liburan-tidak-berantakan-l9GTIiry16.jpg Ilustrasi (Foto: iol)

LIBURAN akhir tahun akan segera datang. Tentunya sudah banyak orang yang merencanakan untuk bepergian ke suatu tempat. Tapi bagi beberapa orang, menyusun rencana perjalanan terkadang terasa sulit.

Padahal, rencana liburan atau itinerary diperlukan agar bepergian terasa menyenangkan dan memberi kesan mendalam. Selain itu, perencanaan dapat membuat orang yang hendak bepergian manfaatkan waktu seoptimal mungkin dan mencegahnya terbuang sia-sia. Bagi Anda yang sudah memutuskan destinasi wisata tapi belum menyusun rencana perjalanan, simak tips berikut ini seperti yang dilansir Okezone dari Independent Online, Kamis (15/11/2018) :

Tentukan jumlah hari

Sebelum menentukan obyek wisata apa saja yang hendak dikunjungi, hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan lama waktu bepergian. Entah itu hanya dua hari di akhir pekan, tiga hari, atau bahkan hitungan minggu. Bila lama waktu bepergian sudah ditentukan, akan lebih mudah memasukkan daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Buat daftar tempat-tempat yang ingin dikunjungi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, setelah menentukan lama waktu liburan, selanjutnya adalah membuat daftar tempat wisata yang ingin dikunjungi sebanyak mungkin. Kemudian pertimbangkan apakah tempat wisata itu memungkinkan untuk didatangi sesuai waktu yang telah ditentukan. Coba cari tahu mengenai jam operasional, jarak, dan aksesnya. Utamakan untuk memilih tempat wisata yang tidak biasa tapi tetap menarik. Selain itu, bila waktu untuk berlibur terbatas, sebisa mungkin hindari tempat wisata yang aksesnya sulit terjangkau karena bisa membuang-buang waktu.

tips travelling

Berikan waktu khusus

Saat menyusun rencana perjalanan, menjadi realistis itu tetap perlu. Tak bisa dipungkiri meskipun sudah ada jadwal bisa jadi mengalami keterlambatan atau ngaret. Jadi siapkan waktu khusus untuk kejadian tidak terduga. Pertimbangkan kegiatan dan waktu tur dengan menyediakan jarak 30 menit hingga satu jam.

Baca Juga: Heboh Manohara, 5 Artis Cantik Ini Juga Berbusana Latex Super Seksi

Pesan online

Untuk mempermudah perjalanan dan mempersingkat waktu, ada baiknya membeli tiket wisata secara online bila memungkinkan. Terlebih sekarang ini sebagian besar tur dan perjalanan lebih mudah untuk dipesan secara online. Dengan begitu waktu yang digunakan untuk mengantre bisa dimanfaatkan untuk kegiatan lain yang lebih berharga.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini