nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Minum Kopi 4 Cangkir Sehari Dapat Turunkan Risiko Diabetes hingga 25%

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 12:22 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 15 481 1978159 minum-kopi-4-cangkir-sehari-dapat-turunkan-risiko-diabetes-hingga-25-PdMceeWY4r.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

KEBIASAAN minum kopi telah dikaitkan dengan perlindungan terhadap jantung. Kini penelitian terbaru mengungkapkan manfaat lain dari minuman berkafein itu. Hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli di Eropa menunjukkan minum 3-4 cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2.

Seperti yang telah diketahui, prevalensi diabetes meningkat. Terutama diabetes tipe 2 yang disebabkan oleh gaya hidup terlalu banyak konsumsi makanan manis, obesitas, dan kurang aktivitas fisik. Dengan minum kopi secara rutin dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe hampir mencapai 25%.

Penurunan risiko ini terjadi pada pria maupun wanita yang mengonsumsi kopi. Bahkan efek perlindungan juga ditemukan pada mereka yang mengonsumsi kopi tanpa kafein. Ternyata dari hasil penelitian menemukan perlindungan bukan hanya didapat dari kafein, tetapi juga campuran senyawa termasuk asam hydroxycinnamic terutama asam klorogenat, trigonelline, diterpenes seperti cafestol dan kahweol, serta asam caffeic.

Baca Juga: Bertemu Bocah Asongan yang Mampu Berbicara Lebih dari 10 Bahasa

Hasil penelitian diperoleh dari analisis 30 studi prospektif yang melibatkan total 1.185.210 peserta. Kemudian hasil itu dipresentasikan pada Pertemuan Tahunan Asosiasi Eropa untuk Studi Diabetes (EASD) 2018 di Jerman. Menurut salah seorang peneliti, Profesor Kjeld Hermansen dari Aarhus University di Denmark, sejumlah faktor dari kopi mungkin terlibat dalam perlindungan.

kopi

Faktor-faktor itu antara lain efek antioksidan, efek anti-inflamasi, efek termogenik, atau modulasi keragaman mikrobioma yang ada pada kopi. Di sisi lain, kopi membuat terjadinya kaskade dimana ada perubahan bermanfaat di hati yang berlemak dan adipocytokines inflamasi yang berkaitan dengan pengurangan risiko diabetes. Hasil penelitian ini menambah panjang daftar manfaat kopi bagi kesehatan.

Baca Juga: Berbusana Seksi dengan Latex Dress, Manohara: "Saya Suka dengan Lekuk Tubuh Saya"

Penelitian sebelum-sebelumnya mengatakan kopi memainkan peran penting dalam meningkatkan energi dan perhatian. Minuman ini dianggap dapat membantu tubuh membakar lemak. Kopi juga dapat menurunkan risiko depresi, multiple sclerosis, serta mencegah timbulnya penyakit Alzheimer dan Parkinson. Demikian seperti yang dilansir Okezone dari Independent Online, Kamis (15/11/2018).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini