nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengulik Pentingnya Fungsi Ginjal yang Tak Sekedar Menangkal Radikal Bebas

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 15 November 2018 16:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 15 481 1978175 mengulik-pentingnya-fungsi-ginjal-yang-tak-sekedar-menangkal-radikal-bebas-KOByJhMoc8.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

ORGAN ginjal sangatlah berharga bagi manusia. Tak sekedar untuk menangkal radikal bebas, tapi banyak fungsi lainnya yang jarang diketahui.

Selain jantung, otak dan hati, ginjal salah satu organ penting bagi manusia. Fungsinya banyak sekali, terlebih bisa mencegah banyak risiko penyakit.

Konsultan Nefrologi Anak dr Eka Laksmi Hidayati,SpA(K) menjelaskan, sejak bayi dilahirkan, sudah terdapat fungsi ginjal yang baik. Ini sangat vital sekali, termasuk meliputi detoksifikasi darah, membantu tubuh untuk menyaring limbah, hingga membuangnya melalui urin.

"Selain itu, ginjal juga dapat meenjaga keseimbangan garam dan mineral dalam darah," ujarnya saat ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Baca Juga: Berbusana Seksi dengan Latex Dress, Manohara: "Saya Suka dengan Lekuk Tubuh Saya"

Dia menambahkan, ginjal juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah dan memproduksi sel darah merah. Fungsi tersebut harus dinormalkan setiap hari agar tidak mengalami gangguan.

ginjal

Sebabnya, menurut dr Eka, ginjal dalam tubuh manusia dapat mengalami gangguan yang merusak fungsinya. Tak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak juga dapat terima risikonya.

"Gangguan ginjal sangat berbahaya, karena berkaitan erat dengan kinerja organ-organ vital lainnya," terang dr Eka.

Baca Juga: Bertemu Bocah Asongan yang Mampu Berbicara Lebih dari 10 Bahasa

Setiap orang, usia berapapun harus menjaga faktor risiko yang dapat memicu kerusakan fungsi ginjal. Terlebih sejak dini harus diperhatikan kondisi ginjalnya dengan baik.

Adapun cara-caranya antara lain, menghindar kebiasaan merokok, wajib minum banyak air putih, mengatur pola makan, hindari konsumsi junk food atau makanan kemasan, menjaga diri agar tidak stres, dan lain sebagainya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini