nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mudah Dilakukan Meditasi Transendental Bisa Meningkatkan Kebahagiaan

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 13:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 16 196 1978684 mudah-dilakukan-meditasi-transendental-bisa-meningkatkan-kebahagiaan-bSi3a9Y7B8.jpg Meditasi transedental (Foto:Ist)

SEKARANG ini semakin banyak masyarakat yang tertarik terhadap meditasi. Alasannya karena latihan pernapasan itu dapat membawa ketenangan bagi jiwa dan raga. Salah satu yang bisa dicoba adalah meditasi transsendental yang berasal dari India.

Tidak seperti jenis meditasi lain yang mungkin memerlukan gerakan atau nyanyian, meditasi transendental mudah dilakukan. Pelaku meditasi hanya perlu memikirkan mantra dan fokus terhadap hal lain. Berlatih meditasi ini secara teratur dapat memungkinkan pelaku memasuki keadaan psikofisiologikal dari kewaspadaan yang tenang. Para ahli mengklaim kondisi itu dapat membantu mengobati sejumlah masalah kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan

Meditasi transendental adalah bentuk meditasi dimana seseorang diam-diam memikirkan mantra tetapi tanpa kontemplasi atau konsentrasi. Dengan begitu meditasi menjadi lebih mudah karena tidak diperlukan tingkat kefokusan yang terlalu tinggi. Mantra yang dipikirkan pun boleh atas dasar keputusan pelaku meditasi. Namun disarankan untuk tujuan tertentu seperti berusaha mengatasi rasa takut terhadap sesuatu.

(Baca Juga: Kisah Mengharukan Baby Sitter Berangkat Umrah Berkat Majikannya Meski Beda Agama)

(Baca Juga: Cucu yang Lahir dari Rahim sang Nenek)

Jenis meditasi yang satu ini biasanya dilakukan selama 15 - 20 menit dengan durasi dua kali sehari. Tentunya pelaku meditasi harus melakukan dengan mata tertutup. Meditasi transendental bisa dilakukan oleh kalangan dari berbagai usia. Sejumlah selebriti ternama seperti Ellen Degeneres, Mia Farrow, dan Michael J Fox mengaku gemar melakukan meditasi ini.

Hal itu tidaklah mengherankan mengingat meditasi transendental telah dihubungkan dengan berbagai manfaat seperti mengurangi gejala kecemasan, depresi, dan insomnia . Menurut pakar, Bob Roth, meditasi ini juga dapat meningkatkan memori, fokus, dan kreativitas. Bahkan ada yang mengatakan bila mendapatkan tambahan energi dan kebahagiaan tak terbatas setelah melakukan meditasi transendental.

Di sisi lain beberapa peneliti juga menghubungkan meditasi ini dengan peningkatan kesehatan kardiovaskular. Ada pula yang mengklaim bila meditasi transendental dapat membantu pasien dengan ADHD dan memiliki spektrum autism. Akan tetapi, pernyataan itu tidak bisa dijadikan acuan sepenuhnya karena sebagian besar penelitian ini tidak terkontrol atau dilakukan dalam lingkup kecil. Untuk itu diperlukan penelitian lebih lanjut agar manfaat ini mendapatkan dukungan dari ilmu pengetahuan. Demikian seperti yang dilansir Okezone dari Independent, Jumat (16/11/2018).

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini