Dijamin Tidak Cepat Kisut dan Busuk, Ini Cara Mudah Menyimpan Stroberi

Firda Janati, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 16 298 1978643 dijamin-tidak-cepat-kisut-dan-busuk-ini-cara-mudah-menyimpan-stroberi-DKTfRvAdw6.jpg Stroberi (Foto: Chicagotonight)

BUAH kecil berwarna merah ini memang disukai banyak orang. Stroberi sering digunakan sebagai bahan untuk membuat kue, selai, jus, es krim ataupun dikonsumsi secara langsung. Buah stroberi yang memiliki rasa asam manis ini juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Banyak orang menyukai buah ini karena rasanya yang segar, dikonsumsi langsung maupun dibuat jus. Namun, yang paling disayangkan adalah buah mungil yang mengandungvitamin C ini mudah sekali layu. Biasanya stroberi akan tahan lama di kultas seminggu setelah membelinya.

BACA JUGA:

 Berbusana Seksi dengan Latex Dress, Manohara: "Saya Suka dengan Lekuk Tubuh Saya"

Nah, agar stroberi bisa segar tahan lama, penting untuk mengetahui cara penyimpanan yang benar dan tepat. Pastikan Anda menyimpannya di tempat yang bersuhu dingin, seperti di lemari es. Lantas, bagaimana cara menyimpan buah stroberi agar tetap segar dan tak mudah busuk? Melansir dari Shared, Jumat (16/11/2018), ternyata cuka apel juga bisa membuat buah stroberi tetap segar loh.

Stroberi mudah busuk karena teksturnya yang lembut dan mempunyai kulit yang tipis dibanding buah lain. Sebab itu, sebelum disimpan dalam lemari es, ada baiknya Anda memberikan beberapa tetes cuka apel untuk membuatnya tetap awet. Cuka apel bukan hanya bermanfaat untuk tetap membuat stroberi tetap segar, cuka apel juga dapat membunuh dan mencegah pertumbuhan jamur yang membuat stroberi cepat layu.

Rendam stroberi dengan cuka apel

Setelah dicuci dengan bersih, taruh stroberi dalam mangkuk dan tambahkan dua gelas air bersih. Tambahkan beberapa tetes cuka apel ke dalam mangkuk stroberi. Aduk agar cuka dan air merata dan diamkan selama lima menit. Jika Anda tidak punya cuka apel, Anda bisa menggunakan cuka biasa. Anda tidak perlu khawatir dengan rasa stroberi, karena cuka apel tidak akan merubah rasa asli dari stroberi. Malahan, cuka apel akan menambah rasa segar pada stroberi.

 

Keringkan dengan tisu

Setelah direndam selama lima menit, tiriskan dan keringkan buah stroberi. Keringkan buah stroberi dengan menggunakan tisu selama setidaknya 20 menit agar buah benar-benar kering. Balur stroberi dengan menggunakan tisu, setelah kering taruh stroberi dalam mangkuk bersih.

BACA JUGA:

 Heboh Manohara, 5 Artis Cantik Ini Juga Berbusana Latex Super Seksi

Simpan dalam lemari es

Untuk menjaga kesegaran stroberi, pemilihan tempat atau wadah juga perlu diperhatikan. Setelah buah kering, taruh dalam wadah plastik vented dan simpan dalam lemai es. Wadah ini sering digunakan karena lebih bisa menjaga buah untuk tetap segar. Namun, jika tidak mempunyai wadah vented, Anda bisa menggunakan piring untuk menyimpannya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini