Share

Hati-Hati, Jangan Campur 4 Makanan Ini dengan Madu kalau Tak Mau Sakit

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 16 298 1978678 hati-hati-jangan-campur-4-makanan-ini-dengan-madu-kalau-tak-mau-sakit-AGtnNiVgii.jpg Ilustrasi Madu. (Foto: 1zoom)

MADU merupakan cairan yang dipercaya memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Tak hanya sebagai pemanis alami, madu dapat membantu melancarkan pencernaan, menurunkan berat badan, meredakan batuk, menghaluskan kulit, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, madu bisa juga tidak memberikan manfaat apabila dikonsumsi dengan makanan lain. Dalam Ayurveda, ada makanan tertentu yang tidak boleh dicampur dengan madu karena terbukti dapat berakibat fatal.

Madu dikenal sebagai yogavahi atau katalis yang membawa sifat obat-obatan. Tapi madu bisa sangat berbahaya bila dicampur dengan kombinasi yang salah. Kombinasi itu dipercaya dapat menciptakan reaksi negatif dalam tubuh.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Okezone dari Boldsky, Jumat (16/11/2018), inilah makanan-makanan yang tidak boleh dicampur dengan madu:

Baca Juga: Berbusana Seksi dengan Latex Dress, Manohara: "Saya Suka dengan Lekuk Tubuh Saya"

1. Mentega India

Pada masakan Timur Tengah ada satu jenis bahan makanan yang sering ditambahkan yaitu ghee. Sejenis mentega yang berasal dari India. Makanan ini tidak disarankan untuk dikombinasikan dengan madu.

Ghee dan madu dikenal sebagai kombinasi yang mematikan dan harus dihindari dengan segala cara. Lebih baik mengombinasikan madu dengan mentega lainnya yang lebih aman tapi tetap bisa menambah cita rasa makanan.

2. Lobak

Menurut panduan dalam Ayurveda, kombinasi lobak dan madu dapat membentuk zat beracun dalam tubuh. Tentu saja kondisi ini harus dihindari. Apabila Anda sering memasukkan lobak sebagai bahan salad, hindari untuk menggunakan dressing dari madu. Atau kalaupun tetap ingin menjadikan madu sebagai sirup salad, jangan memasukkan lobak.

3. Makanan Non-Vegetarian

Berdasarkan prinsip Ayurveda, madu dan daging bukan makanan yang bisa dikombinasikan karena tidak sesuai. Kedua makanan itu dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan saat dikonsumsi bersama. Bagi Anda yang suka menambahkan madu saat memanggang atau memasak daging, coba pikirkan ulang untuk menghindarinya.

Baca Juga: Cucu yang Lahir dari Rahim sang Nenek

4. Rebusan air panas

Seperti yang dikatakan sebelumnya, madu bisa membantu meredakan batuk. Sedangkan ketika batuk orang cenderung memilih minuman yang bersuhu tinggi. Hal ini tidak dilarang, asalkan madu tidak dimasukkan ke rebusan air panas lalu diminum agar lebih ringkas.

Sebab, menambahkan madu ke air panas dapat menyebabkan peningkatan jumlah hydroxymethyl furfuraldehyde (HMF) dalam jumlah banyak sehingga meningkatkan toksisitas dalam tubuh.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini