nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Kokoda, Makanan Pembuka Khas Kepulauan Fiji dengan Rasa Asam yang Unik

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 16 November 2018 20:07 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 16 298 1978932 mengenal-kokoda-makanan-pembuka-khas-kepulauan-fiji-dengan-rasa-asam-yang-unik-goJNGP1FQw.jpg Kokoda, makanan khas Fiji (Foto: Tiara Putri/Okezone)

BEBERAPA waktu lalu tur kerajaan yang dilakukan oleh Pangeran Harry dan Meghan Markle ke kawasan Pasifik cukup mencuri perhatian dari masyarakat dunia. Bagaimana tidak, tepat di hari keberangkatan mereka pihak Kerajaan Inggris mengumumkan bila pasangan ini tengah bersiap menantikan kehadiran anak pertama. Tentu tak sedikit yang mencemaskan keadaan Meghan terlebih negara yang dikunjungi cukup banyak.

Salah satu negara yang dikunjungi adalah Fiji. Di sana Meghan sempat mengenakan gaun floor length cape berwarna biru muda yang menunjukkan baby bumpnya. Gaun itu dikenakannya saat menghadiri jamuan makan malam yang diadakan oleh presiden Fiji.

Berbicara mengenai makanan khas, negara yang terletak di bagian selatan Samudra Pasifik itu memiliki menu yang biasa dijadikan sebagai makanan pembuka. Makanan itu bernama kokoda yang sekilas terlihat seperti makanan berkuah. Namun menurut chef Steby Rafael, kokoda sebenarnya mirip dengan salad.

(Foto: Tiara Putri/Okezone)

 (Baca Juga:Mulai Move On, Ariana Grande Potong Rambut Ekor Kudanya Jadi Pendek Banget)

“Kokoda itu sebenarnya adalah makanan yang sangat simpel dan biasanya di daerah pesisir pasti ada. Kalau di Indonesia bentuknya hampir mirip seperti rujak gohu dari Manado. Tapi sebenarnya itu seperti salad,” ujar Steby saat ditemui Okezone dalam acara Booking Pop-Up Food Stall yang diselenggarakan oleh Booking.com, Jumat (16/11/2018).

Acara itu memang sengaja mengangkat keeksotisan Kepulauan Fiji termasuk kuliner dan dilangsungkan di Lippo Mall Kemang, Jakarta Selatan pada 16-17 November 2018. Kokoda terdiri dari campuran ikan mahi mahi, santan, dan jeruk nipis. Bahan-bahan itu mudah ditemukan di pantai mengingat kokoda berasal dari daerah pesisir. Selain itu, makanan ini diolah dengan teknik mematangkan ikan menggunakan asam.

(Foto: Tiara Putri/Okezone)

 (Baca Juga:5 Pesona Shrinkhala Khatiwada, Miss Nepal 2018 yang Kecantikannya Bikin Heboh Medsos)

“Untuk membuat di rumah biasanya ikan dipotong fillet tanpa tulang lalu potong lagi menjadi kotak-kotak ukuran 1x1 cm supaya enggak hancur. Kemudian daging ikan direndam, dicampur merata dengan asam dari air jeruk nipis, untuk 1 kg ikan biasanya 200 ml. Direndamnya selama 8 jam, tapi kalau potongannya lebih besar rendamnya lebih lama,” jelas Chef Steby.

Nantinya makanan ini akan menghasilkan cita rasa seperti asinan ikan karena rasa asamnya hingga ke daging ikan. Selain itu, rasanya bisa cenderung hambar karena menggunakan santan yang sangat lembut dan tergolong mentah. Kokoda bisa ditambahkan dengan bahan makanan lain seperti paprika, cabai, ayam, dan udang. Ikannya juga bisa diganti dengan ikan kakap atau ikan dori.

(tam)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini