nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bagus untuk Tumbuh Kembangnya, Ini Manfaat Olahraga Lari untuk si Kecil

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 17 November 2018 19:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 17 481 1979248 bagus-untuk-tumbuh-kembangnya-ini-manfaat-olahraga-lari-untuk-si-kecil-Wr1fLK6YPr.jpg Olahraga lari (Foto: Visitpago)

AKTIVITAS fisik merupakan komponen penting dari gaya hidup sehat untuk orang dewasa dan anak-anak. Salah satunya adalah kegiatan lari yang mudah dilakukan siapa saja.

Banyak penelitian menunjukkan, anak-anak harus lari selama 60 menit latihan per hari. Berlari adalah kegiatan yang bagus untuk membantu anak-anak membangun sistem kekebalan tubuh yang baik.

Di sisi lain, aktivitas lari juga sangat menyenangkan bagi si kecil. Mereka bisa membangun emosional dan mendapatkan tantangan fisik.

 BACA JUGA:

Jadi Korban Bully, Wanita Asal Swiss Ini Permak Habis Tubuh dan Wajahnya

Mereka juga merasa bebas dan bisa menghargai diri sendiri. Terlebih, kalau lari ramai-ramai bareng teman, bisa saling bercengkrama satu sama lain.

 

Dilansir App, Sabtu (17/11/2018), olahraga lari punya banyak manfaat. Tak hanya buat si kecil semakin aktif, tapi ada beberapa ulasan selengkapnya berikut ini yang wajib Anda tahu.

1. Si kecil bakal memiliki otot dan tulang yang lebih kuat, sekaligus mencegah terjadinya obesitas.

2. Saat dewasa kelak, anak-anak yang suka lari dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

3. Tubuhnya berpotensi menurunkan kadar kolesterol darah, serta mencegah hipertensi.

4. Anak-anak tidak bakal gemuk. Sebab, mereka cenderung memiliki tubuh yang lebih ramping, karena lemak tubuh yang terbakar.

5. Anak-anak bisa mengandalkan motivasi diri dan kerja keras untuk mencapai kesuksesan. Misalnya kalau mereka ikut ajang lomba lari, pasti akan merasakan kompetisi dengan teman sebayanya.

Melihat manfaat tersebut, banyak ajang fun run untuk anak-anak dan keluarga. Salah satunya Wilio Family Run 2018, yang dihelat sebagai bentuk dukungan kepada keluarga Indonesia untuk tetap sehat, khususnya untuk orangtua dan anak.

Mereka diajak olahraga lari bersama-sama dengan cara yang menyenangkan. Acara sukses dihelat dengan 800 peserta, di Pasar Seni Ancol.

Melihat Antusiasme tersebut, Brand Director Kids Fashion Kanmo Group Syafrina Nasution mengatakan, anak-anak zaman now harus membiasakan gaya hidup sehat dengan konsep yang menyenangkan, jadi anak-anak tidak merasa bosan saat berolahraga.

"Seperti dalam ajang fun run selalu punya konsep dengan pos halang rintang saat berlari. Cara ini untuk meningkatkan fokus dan interaksi antara orangtua dan anak," tuturnya.

Adapun trek lari yang disiapkan adalah sepanjang dua kilometer. Serta terdapat tiga pos halang rintang bagi orangtua dan anak dengan kategori umur mulai 4-13 tahun.

 BACA JUGA:

Belajar Bahasa Serawak, Alya Nurshabrina Akrab dengan Miss Malaysia

Semuanya larut senang selama fun run ini dihelat pada 11 November 2018 lalu. Tak hanya anak-anak, para orangtua pun merasakan manfaat dari aktivitas olahraga lari, yang mungkin jarang mereka lakukan bersama-sama.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini