nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Manfaat Makan Melon Setiap Hari. Menurunkan Berat Badan hingga Cegah Diabetes!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 19 November 2018 05:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 17 481 1979292 11-manfaat-makan-melon-setiap-hari-menurunkan-berat-badan-hingga-cegah-diabetes-fvlU63TeyI.jpg Makan melon baik untuk kesehatan (Foto: Garden)

MENGONSUMSI buah setiap hari tentu memiliki banyak manfaat kesehatan, tak hanya dapat memenuhi kebutuhan serat, namun, buah-buahan ini juga memiliki nutrisi yang dapat menjaga keseimbangan tubuh. Meski demikian, dalam dunia ini terdapat banyak jenis buah, banyak dari Anda merasa bingung dengan buah apa yang paling tepat untuk dikonsumsi.

Sebenarnya, Anda tidak perlu repot-repot dalam menentukan buah yang baik untuk dikonsumsi. Buah yang ada di sekitar Anda ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh lho. Salah satu buah yang memiliki manfaat positif bagi tubuh adalah Melon.

Kandungan serat yang tinggi dan juga zat yang terkandung dalam sebuah melon memiliki dampak yang besar bagi kesehatan manusia. Lantas apa sajakah kandungan penting yang ada dalam buah melon? Melansir dari Boldsky, Okezone akan membahas tentang 11 manfaat buah melon yang wajib Anda ketahui.

1. Melon sangat bagi bagi penderita hipertensi

Kandungan potassium yang tinggi dalam buah melon membuatnya sangat ideal untuk dikonsumsi para penderita hipertensi. Kandungan kalium bisa membatasi kenaikan tekanan darah dan membantu tubuh mencapai keseimbangan.

2. Melon baik bagi ibu hamil

Jika keluarga Anda ada yang sedang hamil, maka sarankanlah untuk mengonsumsi buah melon. Melon kaya mineral, vitamin dan antioksidan yang memiliki dampak langsung pada sistem kekebalan tubuh ibu, serta bayi yang belum lahir. Kehadiran folat dalam buah sangat bermanfaat karena membantu mencegah cacat tabung saraf dan cacat lahir.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori menjadikan melon sebagai komponen penting dalam diet Anda, terutama jika Anda berencana menurunkan berat badan. Serat membantu proses pencernaan, mengurangi masalah terkait pencernaan seperti sembelit. Kandungan air yang tinggi dan rendah kalori membantu menjaga tubuh Anda kenyang, sehingga menghindari kecenderungan makan berlebih.

melon

4. Memerangi kolesterol

Melon mengandung dua jenis serat, larut dan tidak larut. Serat larut membantu menyeimbangkan gula darah, karena memperlambat penyerapan karbohidrat. Kandungan serat dapat meredam kolesterol LDL, yang juga dikenal sebagai kolesterol 'jahat' yang terakumulasi sebagai hasil dari plak.

5. Menguatkan tulang dan gigi

Melon mengandung banyak kalsium, konsumsi madu dapat memperkuat gigi dan tulang. Memasukkan melon dalam diet harian Anda dapat memastikan Anda memiliki tulang dan gigi yang lebih kuat.

6. Memelihara kulit

Kandungan vitamin C pada melon membantu menyehatkan kulit Anda dengan meningkatkan kadar kolagen. Kolagen adalah jenis protein yang memastikan peningkatan sel kulit dan sel darah. Mengkonsumsi melon dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan, kerutan dan kulit kendor.

7. Baik untuk pencernaan

Kandungan serat yang tidak larut dalam buah memiliki dampak langsung pada sistem pencernaan Anda. Segelas melon dapat mengurangi kembung dan sembelit secara efisien. Kandungan mineral dan air dalam buah menghilangkan keasaman yang menyebabkan kesulitan pencernaan.

8. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan besar vitamin C pada melon dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem kekebalan yang lebih kuat dan lebih baik bertindak sebagai dinding yang kuat untuk melawan perkembangan lemak, bakteri penyebab penyakit.

9. Menghindari diabetes

Diabetes terjadi karena ketidakmampuan tubuh Anda untuk mempertahankan atau mengembangkan insulin yang diperlukan. Sifat diuretik dari keseimbangan melon dan mengatur produksi insulin. Dengan demikian, konsumsi melon dapat membantu dalam menghindari retensi cairan. Kandungan glukosa yang rendah dalam buah membuatnya mudah dikonsumsi untuk orang yang menderita diabetes.

buah melon

10. Menjaga kesehatan mata

Melon kaya akan zeaxanthin dan lutein, yang sangat penting untuk kesehatan mata Anda secara keseluruhan. Konsumsi harian melon dapat membantu mengurangi risiko infeksi mata dan katarak.

11. Menghidrasi dehidrasi

Sebagaimana diketahui melon memiliki banyak kandungan air. Terbuat dari 90% air, konsumsi buah dapat memasok tubuh Anda dengan mineral penting, seperti zat besi, seng, magnesium, dan kalium.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini