nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nikmatnya Bebek Timbungan, Sajian Khas Raja-Raja Bali

Antara, Jurnalis · Minggu 18 November 2018 03:22 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 18 298 1979334 nikmatnya-bebek-timbungan-sajian-khas-raja-raja-bali-eIkME2ZE74.jpg Bebek Timbunan Bali (Foto: Instagram Iyansmochammad)

DENPASAR - Berwisata ke Pulau Dewata kurang lengkap rasanya tanpa mencicipi kuliner khas Bebek Timbungan.

Sajian istimewa ini merupakan hidangan raja-raja atau pejabat tinggi saat meggelar pesta pada zaman dahulu. Dijamin rasanya tak mengecewakan dan bikin ketagihan.

loading...

Seiring berjalannya waktu suguhan Bebek Timbungan kini bisa dinikmati siapa saja, termasuk para wisatawan yang berkunjung ke Bali.

"Menu Bebek Timbungan kini semua orang bisa menikmati ala makanan khas tempo dulu," ujar Ana Dewi Permana dari Restoran Bebek Timbungan-Balinese Heritage Cuisine di Seminyak, Kuta, Bali.

(Foto: Instagram Widuri46)

“Dalam menyambut kunjungan wisatawan maupun warga lokal, kami menyediakan kuliner khas Bali, salah satunya 'Bebek Timbungan'," imbuhnya.

Ana Dewi mengatakan di restoran yang dikelolanya tersebut, untuk menyajikan makanan Bebek Timbungan selalu menampilkan ciri khas berbeda. Bahkan timbungan (terbuat dari rebung bambu) disajikan juga dengan menarik.

(Baca Juga: Temukan Siput Mati di Saladnya, Begini Cara Ratu Elizabeth 'Mengancam' Juru Masak Kerajaan)

Menurut Ana Dewi, menu Bebek Timbungan merupakan salah satu sajian terkenal dan tertua khas Pulau Dewata. Pada mulanya Bebek Timbungan hanya dihidangkan pada ritual upacara adat Bali saja.

(Foto: Instagram bali_eatery)

Dikutip dari naskah kuno Dharma Caruban, salah satu menu Bali yang paling tradisional dalam upacara ritual adalah Timbungan. Timbungan sendiri berasal dari kata embung atau timbung, yakni rebung bambu atau bambu muda.

"Jadi, Bebek Timbungan adalah hidangan daging bebek yang dimasak dengan bumbu basa genep (racikan bumbu utama khas Bali) menggunakan bilah bambu muda. Bebek Timbungan menjadi kuliner Bali yang harus dicoba jika berlibur ke Bali," katanya.

(Baca Juga: Jangan Takut Naik Pesawat Terbang, Pesawat Tak Akan Stall meski Pilot Berusaha Menjatuhkannya)

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini