nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Produsen Keju Asal Swis Putar Lagu Led Zeppelin Agar Rasanya Lebih Lezat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 18 November 2018 11:54 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 18 298 1979420 produsen-keju-asal-swis-putar-lagu-led-zeppelin-agar-rasanya-lebih-lezat-WGZCjzrHgu.jpg Pembuatan Keju dengan Lagu Led Zepplin (Foto: Odditycentral)

PRODUSEN keju dari wilayah Emmental, Swiss memiliki cara unik untuk membuat cita rasa keju mereka menjadi lebih lezat. Mereka telah bereksperimen memutar sejumlah genre musik yang dipercaya dapat memengaruhi cita rasa keju.

Sejak September lalu, Beat Wampfler memutar playlist lagu milik Led Zeppelin dan A Tribe Called Quest selama proses pengolahan keju berlangsung. Mereka percaya bahwa cara ini dapat meningkatkan karakteristik, tekstur, dan cita rasa keju. Mereka yakin, selain kelembapan, suhu, dan bahan dasar yang digunakan, rasa keju juga dipengaruhi oleh suara, ultrasound dan musik.

Ide yang dicetuskan oleh Wampfler mungkin terdegar sedikit tidak masuk akal, namun ternyata mereka bener-benar serius melakukannya. Beberapa ilmuwan dari University of the Ars di Bern juga turut terlibat dalam eksperimen tersebut. Pada awal eksperimen, mereka memang skeptis dengan hasilnya.

Tetapi kemudian mereka menemukan bahwa ada bidang khusus yang disebut sonochemistry yang mempelajari keterkaitan suara pada benda-benda padat dengan reaksi mereka. Dari studi inilah Wampfler memutuskan bahwa sebetulnya para produsen keju juga dapat menerapkan treatment yang sama dengan produk mereka.

“Kami mencoba menjawab pertanyaan: apakah ada sesuatu yang dapat berpengaruh pada rasa keju?,” ujar Michael Harenburg, direktur musik di University of the Arts saat diwawancara oleh AFK.

Untuk menguji teori itu, Beat Wampfler memasak speaker kecil di bawah roda besar yang digunakan untuk memproduksi keju emmental, serta membaginya menjadi beberapa kelompok dengan genre musik yang berbeda. Beberapa keju sengaja diproduksi dengan iringan lagu tekno, ambiet, atau lagu-lagu klasik seperti Mozart Magic Flute.

Selain itu, mereka juga sedang menguji efek yang dihasilkan dari genre musik rock dan hip-hop. Pemilihan lagunya pun tidak sembarangan, mereka memainkan playlist lagu dari band rock legendaris Led Zeppelin dan A Tribe Called Quest.

“Akankan rasa keju jadi lebih baik? Kami belum dapat membuktikannya dengan pasti. Namun kami berharap keju Emmental menjadi lebih baik setelah diproduksi dengan iringan lagu hip-hop,” kata Wampfler.

Rencananya, para ahli keju akan menilai eksperimen ini pada 15 Maret 2019. Demikian dilansir Okezone dari Odditycentral, Minggu (18/11/2018).

   

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini