nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Gadget untuk Memantau Anak, Seberapa Efektif?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 19 November 2018 11:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 19 196 1979706 pakai-gadget-untuk-memantau-anak-seberapa-efektif-0uaRbvi1XV.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ANDA mungkin berpikiran bahwa sekarang ini banyak orangtua yang mulai membebaskan anak untuk menggunakan ponsel pintar. Sampai-sampai, orangtua tidak perlu hadir di samping anak karena merasa anak sudah "anteng" dengan ponselnya. Bagaimana dampak fenomena ini?

Penelitian terbaru menjelaskan, tiga perempat dari orangtua modern menggunakan teknologi untuk secara aktif mengawasi anak-anak mereka. Penelitian ini melibatkan 2.000 orangtua yang memiliki anak usia 3 hingga 18 tahun.

Studi ini meneliti bagaimana cara para orangtua ini menggunakan perangkat teknologi yang berbeda untuk membantu mereka menjadi orangtua.

Baca Juga: Netizen Sebut Video Ini Awal Terjadinya Konflik Kaesang dan Jan Ethes, Apa yang Terjadi Sebenarnya?

Dilansir Okezone dari New York Post, penelitian menemukan fakta bahwa 76 persen orangtua menggunakan perangkat teknologi cerdas, seperti kamera keamanan dan bel pengingat untuk membantu orangtua memantau anak-anaknya untuk merasa aman dan berkelakuan baik.

Penelitian Asurion yang dilakukan oleh OnePoll mengeksplorasi perangkat teknologi berbeda yang digunakan orangtua untuk memantau anak mereka dan menemukan 59 persen dari orangtua ini memiliki CCTV yang terpasang di rumah.

Selain itu, pemantauan dan membatasi kebiasaan perilaku online anak-anak menjadi salah satu cara orangtua modern dalam hal menjaga anak-anak. Pola seperti ini sangat berbeda dari pola asuh sebelumnya yang mana mengandalkan kehadiran sebagai cara utama mengawasi anak.

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

Bahkan, 83 persen orang tua setuju bahwa mereka diizinkan untuk memantau anak-anak mereka melalui CCTV atau teknologi lainnya. Kemudian, lebih dari separuhnya (51 persen) mengungkapkan bahwa mereka menggunakan kontrol orang tua untuk membatasi atau memantau penjelajahan internet dan media sosial anak-anak mereka.

Fakta lainnya menjelaskan bahwa 53 persen mengatakan orangtua sekarang menggunakan pengaturan kontrol orang tua di TV untuk membatasi apa yang dapat ditonton anak-anak mereka. Lalu, tiga dari lima orangtua mengaku memeriksa riwayat penelusuran di ponsel, laptop, atau komputer meja anak-anak mereka.

"Hasil survei ini menunjukkan peran yang semakin integral yang dimainkan teknologi dalam mengasuh anak-anak," kata Bettie Colombo, juru bicara untuk Asurion.

Dia melanjutkan, namun mengikuti perkembangan perangkat, aplikasi, dan perangkat lunak terbaru untuk membantu orang tua ini malah bisa menjadi sesuatu yang membingungkan. Sebab, peran orangtua untuk selalu ada di samping anak menjadi rancu dan ini akan memberikan dampak yang tidak baik di kemudian hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini