nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sudah Berlibur Tapi Masih Depresi? 4 Hal Ini Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Firda Janati, Jurnalis · Senin 19 November 2018 16:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 19 196 1979878 sudah-berlibur-tapi-masih-depresi-4-hal-ini-bisa-jadi-ini-penyebabnya-MkhKNDVIF1.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MENJELANG musim libur, banyak orang memanfaatkan dengan pergi bersama keluarga, teman atau kerabat. Tentu sangat menyenangkan menikmati masa liburan bersama. Namun, terlepas dari kesenangan saat musim liburan, banyak orang yang merasa masih memiliki beban pikiran.

Tidak memiliki teman untuk berlibur merupakan salah satu penyebab orang masih merasa depresi saat liburan atau tidak cukup menyisihkan budgetnya untuk mengisi masa libur. Melansir dari Readersdigest, Senin (19/11/2018), ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang depresi saat liburan atau setelah liburan (holiday blues).

 (Baca Juga:Ahli Gizi Ungkap 3 Penyebab Cepat Lapar Meski Baru Saja Makan)

Terlalu memikirkan cara menghilangkan stres

Tujuan liburan memang untuk menghilangkan stress, tetapi jika Anda terlalu sibuk untuk menemukan cara bagaimana menghilangkan stres saat liburan maka Anda tidak akan mendapat rasa senang saat berlibur. Buatlah suatu agenda atau rencana untuk hal-hal penting dan dirasa cocok dilakukan saat liburan. Anda harus memprioritaskan apa yang penting, bukan hanya memikirkan cara menghilang stres saja.

 

Terlalu fokus untuk mengabadikan momen

Apa yang paling penting saat liburan menurut Anda? Mengabadikan momen atau menikmati kebersamaan? Jika Anda memilih mengabadikan momen, tak salah jika saat liburan berlangsung Anda masih mengalami depresi. Ya! Liburan adalah suatau perayaan kebersamaan bukan tentang kesempurnaan yang ingin diabadikan dan diunggah melalu media sosial. Makna sebenarnya dari liburan adalah rasa kebersamaan, semakin Anda masuk ke dalam kebersamaan saat liburan, semakin tinggi Anda terhindar dari holiday blues.

 (Baca Juga:Terapkan 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur Lho!)

Lupa merencanakan kegiatan saat liburan

Saat musim liburan tiba, asa baiknya Anda rencanakan semua kegiatan yang akan dilakukaan saat berlibur. Jangan sampai Anda banyak membuang waktu dengan sia-sia. Usahakan Anda membuat agenda dan bicarakan dengan keluarga Anda mengenai kegiatan yang akan dilakukan saat liburan berlangsung.

 

Tidak menahan diri dari makan berlebih

Dunia ini memang memiliki banyak sekali ragam kuliner. Saat berlibur, hal pertama yang ingin Anda lakukan selain ke tempat yang bagus dan instagramable adalah makanannya. Namun, perlu diperhatikan makanan apa saja yang Anda konsumsi saat berlibur. Tak sedikit orang yang akhirnya gagal menahan napsu makan karena terlanjur tergiur. Padahal, makanan yang dikonsumsi saat berlibur belum tentu cocok dengan lidah Anda.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini