nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Selain Minyak Wangi, Ini Benda-Benda Kesukaan Nabi Muhammad SAW

Firda Janati, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 03:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 11 19 196 1980038 selain-minyak-wangi-ini-benda-benda-kesukaan-nabi-muhammad-saw-NsSFyNRnNu.jpg Siwak (Foto: Natural Living Ideas)

SETIAP orang pasti memiliki benda kesayangan, seperti tas atau dompet. Beberapa orang bahkan sering membawa benda kesayangannya tersebut saat berpergian. Ternyata bukan hanya manusia saja yang mempunyai benda kesayangan. Tetapi nabi juga mempunyai benda kesayangannya sendiri.

Bagi umat muslim, Nabi Muhammad SAW merupakan sosok yang patut diteladani. Ternyata Nabi Muhammad SAW juga memiliki benda kesukaan. Bahkan beberapa benda tersebu sering dibawa oleh nabi saat berpergian. Melansir dari berbagai sumber, Selasa (20/11/2018), apa saja ya benda kesukaan Nabi Muhammad SAW?

 BACA JUGA:

Dengan Teknologi Ini, Kualitas Obat Tradisional di Indonesia Bakal Semakin Baik

Minyak wangi

Rasulullah SAW pun pernah memakai minyak wangi yang terbuat dari ambergris sebagaimana tercatat dalam hadits riwayat An-Nasa’i. Dari Muhammad bin Ali ia berkata, “Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah, ‘Apakah Rasulullah SAW memakai parfum? ia menjawab, “Ya! dengan minyak wangi misk dan ‘anbar.”

Saat itu pun minyak wangi yang terbuat dari ambergris telah dikenal sebagai barang mahal, oleh karenanya dalam hadits lain Rasulullah SAW menyebut minyak wangi sebagai kesenangan dunia, “Kesenangan duniawi yang ku sukai adalah wanita dan minyak wangi. Dan dijadikan kesejukan mataku di dalam shalat.” (H.R. An-Nasa’i).

 

Siwak

Bersiwak merupakan kegiatan yang lazim dan biasa dilakukan setiap hari oleh negara-negara di Timur Tengah. Masyarakat Timur Tengah menggunakan siwak sebagai alat untuk membersihkan mulut, terutama gigi. Siwak merupakan alat yang sangat efektif untuk membersihkan sela-sela gigi, Rasullullah SAW menjadikan siwak sebagai alat untuk menjaga kebersihan dan kesehatan area mulutnya. Bahkan, siwak sering dibawa oleh Rasulullah SAW saat berpergian kemanapun.

Sisir

Nabi SAW suka mendandani rambut. “Seorang laki-laki mengintai dari celah dinding rumah Nabi SAW sedang beliau menyisir dengan sisir,” (HR Bukhori dari Sahal bin Sahal bin Saad r.a). semua benda kesukaan Rasulullah SAW mencerminkan kepibadiannya yang menyukai kebersihan dan keindahan.

 BACA JUGA:

Stres Bisa Mengganggu Pencernaan, Atasi dengan 4 Hal Ini

Celak Mata

“Nabi SAW, mempunyai alat celak yang beliau gunakan untuk bercelak tiga kali tiap malam, tiga kali waktu ini dan tiga kali waktu itu (tiga kali atau olesan pada mata kanan dan tiga kali pada mata kiri),” (HR Ahmad Abu Daud, Tirmidzi, dan Ibnu Majah dari Ibnu Abas). Celak mata yang digunakan Rasulullah biasanya berupa serbuk dengan warna hitam atau biru. Serbuk tersebut dioleskan pada bulu mata atau di sekeliling mata.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini