5 Manfaat Luar Biasa Bayam yang Belum Anda Ketahui

Bagas Taruna , Jurnalis · Senin 19 November 2018 20:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 19 298 1979947 5-manfaat-luar-biasa-bayam-yang-belum-anda-ketahui-F0b73lf01h.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SIAPA yang tak kenal bayam? Sayuran berwarna hijau yang seringkali dijumpai dalam bentuk sup hangat atau keripik ini adalah salah satu makanan kegemaran rakyat Tanah Air.  Pasalnya, sayur ini manis dan tidak pahit bila diolah dengan benar.

Sayuran yang kaya akan vitamin A, C dan K ini membantu kesehatan mata, menurunkan tingkat stres, serta menurunkan tekanan darah. Suka tidak suka, sayuran kesukaan tokoh kartun Popeye ini wajib untuk dimasukkan ke dalam daftar makanan diet Anda.

Mungkin Anda adalah satu dari sekian banyaknya orang yang tidak menyukai daun hijau ini. Namun, perlu Anda ketahui manfaat sehatnya dari bayam. Dilansir dari NDTV, Senin (19/11/2018), berikut khasiatnya:

1. Memperkokoh tulang

Bayam yang kaya akan vitamin K membantu proses produksi suatu protein yang menyeimbangkan jumlah kalsium dalam tulang. Bayam juga merupakan sumber dari kalsium dan serat yang baik, serta vitamin D dan C.

(Baca Juga:Resep Bakso Iga dan Kuahnya yang Lezat Bikin Makan Jadi Lahap)

2. Memperkuat daya penglihatan dan sistem imun

Bayam mengandung beta karoten dan klorofil yang baik bagi penglihatan dan meningkatkan sistem imun pada tubuh. Ini juga akan membantu menurunkan dari risiko degenerasi makula, yang mana kebanyakan orang disarankan untuk menyantap sayuran hijau ini.

3. Membantas bakteri dan virus

Kandungan vitamin A dalam bayam baik bagi kulit untuk membasmi bakteri yang menempel pada organ terbesar manusia. Vitamin A juga baik bagi jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut. Jadi, seringlah melahap si hijau ini, untuk menurunkan risiko kerontokan rambut dan infeksi kulit.

(Baca Juga:Diam-Diam Meghan Markle Potong Rambut, seperti Ini Penampilan Barunya)

4. Memelihara kesehatan jantung

Vitamin C dalam bayam diketahui memiliki kemampuan untuk mencegah keriput, melawan penyakit mata serta kardiovaskular pada jantung. Bayam juga memiliki kandungan nitrit yang tidak hanya mencegah terjadinya serangan jantung, tetapi juga menghilangkan timbunan lemak pada jantung.

5. Memberi energi baru

Bayam menyediakan kandungan magnesium yang dibutuhkan tubuh untuk membuat energi. Kandungan folat dalam bayam juga mampu membantu tubuh untuk mengubah makanan menjadi asupan tenaga yang berguna.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini