nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Makanan Khas saat Maulid Nabi, Rasanya Lezat Penyajiannya Unik

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 20 November 2018 03:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 19 298 1980081 5-makanan-khas-saat-maulid-nabi-rasanya-lezat-penyajiannya-unik-jPCJk8lyIi.jpg Endong-endongan. (Foto: ANT)

SAAT perayaan Maulid Nabi, masyarakat Indonesia memeriahkannya dengan beragam cara. Tak sekedar dengan tradisi yang unik, tapi banyak sajian makanan khas dihidangkan khusus untuk memperingati Hari Kelahiran Nabi Muhammad.

Mungkin, Anda seringnya cuma tahu orang-orang yang tinggal di Jawa Tengah saja merayakan Maulid Nabi besar-besaran. Ternyata, di lokasi lain pun tak kalah meriah, begitu juga dengan sajian makanannya.

Okezone bakal mengulas lima makanan yang sering dihidangkan khusus saat Maulid Nabi. Dirangkum Okezone, berikut ini ulasan selengkapnya.

Baca Juga: Netizen Sebut Video Ini Awal Terjadinya Konflik Kaesang dan Jan Ethes, Apa yang Terjadi Sebenarnya?

Nasi tumpeng

Hidangan satu tampah nasi tumpeng kerap diandalkan untuk sajian khas Maulid Nabi. Nasi kuning jadi hidangan andalan banyak orang selama merayakan peringatan besar ini. Ternyata di balik warna terangnya itu terungkap makna yang menandakan kesejahteraan, kekayaan dan sebagainya. Nasi tumpeng itu biasanya juga dilengkapi aneka lauk dari hasil ternak yang jadi penanda ucap syukur.

Gunungan hasil bumi

Setiap festival perayaan Maulid Nabi, masyarakat sering membuat gunungan, malahan diarak ke jalanan. Sebenarnya gunungan punya makna yang menunjukkan bahwa seseorang harus mengucap syukur dan membawa persembahan spesial ini. Isinya biasanya terdiri dari hasil bumi berupa aneka sayuran dan buah-buahan, yang dipetik dari ladang kelompok masyarakat.

Baca Juga: 10 Tanda Seseorang Akan Meninggal Dunia

 

Ampyang Maulid

(Foto: ANT)

Masyarakat Loram Kulon di Kudus bikin ampyang maulid saat merayakan peringatan hari besar Islam ini. Menariknya makanan ini dibuat khusus sejak zaman nenek moyang dulu, lalu masih dilestarikan sampai sekarang.

Ampyang diolah dari tepung terigu, santan dan gula merah. Kemudian masyarakat gotong royong untuk membuat kue ini dalam ukuran besar. Lalu, kue tradisional itu diarak saat festival berlangsung, lalu jadi rebutan banyak orang setelah acara berakhir.

Kuwah beulangong

Orang Aceh pasti mengandalkan hidangan olahan kambing dan santan atau dikenal gulai kambing saat Maulid Nabi. Biar lebih mantap, olahan ini biasanya dimasak dengan nangka muda dan bumbu rempah khas Aceh. Pastinya kalau Anda kebetulan melancong ke Aceh saat bulan Maulid Nabi pasti mudah kok menemukan sajian ini, terutama dihidangkan dalam porsi besar dan dimakan ramai-ramai.

Endog-endogan

Endog atau telur, juga jadi salah satu makanan khas dalam perayaan Maulid Nabi. Biasanya tradisi membuat telur rebus itu dilakukan oleh orang-orang Banyuwangi. Bukan tanpa maksud, telur tersebut disajikan untuk melambangkan kelahiran seorang Nabi yang diagungkan oleh umat Islam sampai sekarang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini