nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bukan Sekadar Pengganjal Perut, Ini Pentingnya Membawa Camilan saat Traveling

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 19 November 2018 08:22 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 11 19 406 1979635 bukan-sekadar-pengganjal-perut-ini-pentingnya-membawa-camilan-saat-traveling-qZhWLebklo.JPG Sarapan saat traveling ala Nadine Chandrawinata (Foto: Dimas/Okezone)

TRAVELING kini sudah menjadi bagian dari gaya hidup bagi seluruh lapisan masyarakat. Selain ampuh melepas rasa penat, kegiatan ini juga memberikan banyak pengalaman berharga dan tak terlupakan.

Tak heran jika tren traveling atau berwisata di kalangan wisatawan nusantara (wisnus) dilaporkan meningkat setiap tahunnya. Data yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi menyebutkan, pada 2017, wisnus yang berlibur ke luar meningkat menjadi 9,1 juta wisatawan di handing tahun sebelumnya yang hanya menyentuh angka 8,4 juta wisatawan.

Baca juga: 6 Sarang Kuman dan Bakteri di Rumah Sakit, Mana Saja?

Selain itu, perjalanan wisatawan mancanegara menunjukkan pertumbuhan positif dari 528 juta wisatawan di tahun 1995, menjadi 1,1 milyar wisatawan di tahun 2014.

Berbicara soal traveling, kegiatan ini tentu tidak terlepas dari berbagai elemen penting seperti kuliner. Ditambah lagi, wisatawan Indonesia diketahui gemar membawa bekal dan mencicipi makanan di destinasi yang sedang mereka kunjungi.

Makanan menjadi sangat penting, selain untuk menjaga stamina tubuh, makanan untuk kudapan juga ampuh menjaga suasana hati saat traveling. Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh aktivis lingkungan sekaligus artis cantik Nadine Chandrawinata.

Menurutnya, saat traveling, tidak semua destinasi wisata dapat ditempuh dalam waktu singkat. Tak jarang pula wisatawan mengalami kendala dalam menemukan makanan yang cocok di lidah.

"Kita ingin tetap menjaga mood agar tetap baik sepanjang perjalanan. Oleh karena itu, saya selalu membawa camilan favorit yang bukan hanya nikmat, tapi juga mudah dibawa," tutur Nadine Chandrawinata, dalam acara Talk Show Loacker #SharetheGoodness, di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (18/11/2018).

"Salah satu kudapan favorit saya adalah Loacker. Nyemil saat travelling itu tak sekadar membantu menahan rasa lapar, kerenyahan dan kenikmatan rasanya juga mampu membuat suasana hati jadi lebih baik sehingga perjalanan panjang tetap terasa menyenangkan," sambungnya.

Dalam kesempatan yang sama, seorang food writer dan restaurant observer Kevindra Someantri secara blak-blakan mengungkapkan 3 tips memilih camilan yang tepat untuk traveling.

Tips ini sangat penting, mengingat masih banyak wisatawan yang sering mengabaikan dan asal-asalan dalam memilih camilan.

"Memilih camilan yang tepat dan berkualitas sangatlah penting. Pertama, wisatawan harus memilih camilan yang praktis dimasukkan ke dalam tas, tentu rasanya harus sesuai dengan selera. Kedua pilih camilan dalam kemasan yang kedap air. Dan terakhir pilih camilan yang kering dan tidak berbau terlebih jika Anda akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau kereta," tukasnya.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini