nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Daun Gambir dari Manfaatnya dari Para Peneliti

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 19 November 2018 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 19 481 1979780 mengenal-daun-gambir-dari-manfaatnya-dari-para-peneliti-tbl6O8SCiE.jpg Daun Gambir (Foto: Youtube)

JIKA Anda mendengar kata "Gambir" mungkin yang ada di benak adalah stasiun kereta yang berlokasi di Jakarta Pusat. Tapi, tahukah Anda bahwa Gambir adalah nama daun?

Ya, daun gambir atau dalam istilah lain disebut dengan nama Uncaria Gambier ternyata banyak ditemukan di daerah Sumatera Barat. Masyarakat di sana menggunakan daun ini sebagai alat untuk membersihkan gigi dan mulut.

"Jadi, selain daun sirih, masyarakat zaman dulu itu menggunakan daun gambir untuk nyereh," kata Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dr. Galuh Widiarti pada Okezone, di Pusat Penelitian Kimia LIPI, Serpong, Tangerang Selatan, Senin (19/11/2018).

 (Baca Juga:Gaya Berbeda John Cena Ketika Jadi Personel Boyband untuk Iklan Minuman)


Galuh menjelaskan bahwa daun gambir ini banyak dimanfaatkan untuk 'nyereh' karena manfaat yang terkandung di dalamnya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di LIPI, Galuh menjelaskan bahwa daun gambir mengandung satu senyawa bernama Katekin. Kandungan ini ternyata membawa efek antioksidan yang baik untuk tubuh.

"Jadi, itu kenapa orang zaman dulu ngerasa giginya kuat dan jarang terserang penyakit gigi, karena kandungan katekin yang ada di dalam daun gambir ini yang cukup banyak," papar Galuh.

Galuh juga menjelaskan bahwa ada perbedaan yang jelas ketika Anda 'nyereh' dengan daun sirih dan dengan daun gambir.

 (Baca Juga: Pakai Gadget untuk Memantau Anak, Seberapa Efektif?)

"Kalau pakai daun gambir, gigi Anda tidak berwarna ungu seperti dengan daun sirih, tapi berwarna merah bata. Tidak ada rasanya juga kalau dauh gambir," ungkapnya semangat.

Kemudian, daun gambir ini juga tidak membawa efek samping yang berarti ke gigi maupun bagian mulut lainnya. Ini juga yang membuat kenapa orang-orang di Sumatera Barat sana lebih memilih daun gambir dibandingkan daun sirih.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini