nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terapkan 7 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Kamu Panjang Umur Lho!

Firda Janati, Jurnalis · Senin 19 November 2018 14:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 19 481 1979783 terapkan-7-kebiasaan-ini-bisa-bikin-kamu-panjang-umur-lho-NuFLa9Z3yp.jpg Ilustrasi (Foto: Zeenews)

HIDUP dan mati seseorang tidak ada satupun orang yang mengetahuinya selain Tuhan. Namun yang pasti, kematian pasti akan dialami oleh semua manusia di dunia ini. Pernahkah Anda mendengar resep dari seseorang yang memiliki umur panjang?

Ternyata resep tersebut benar adanya. Banyak orang bertanya-tanya mengenai resep rahasia memiliki umur panjang. Jawaban yang paling sering dilontarkan orang adalah bahagia. Yup! Semakin bahagia seseorang maka semakin panjang pula umurnya.

Sebagaimana dilansir dari Readersdigest, Senin (19/11/2018). Selain bahagia, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memiliki umur panjang dengan menerapkan beberapa kebiasaan positif dalam hidup.

Jangan merokok

Telah banyak yang tahu bahwa merokok dapat menyebabkan peyakit komplikasi dalam tubuh. Namun banyak orang yang merokok tetapi ingin memiliki hidup lebih panjang, jangan bermimpi! Karena resep rahasia pertama memiliki hidup panjang adalah dengan tidak merokok. Penyebab masalah kesehatan yang parah seperti penyakit jantung dan kanker disebabkan oleh merokok. Bukan hanya itu, merokok secara harfiah juga menyebabkan kerusakan internal pada genetik, pembuluh darah dan sistem organ.

Konsumsi lebih banyak protein nabati

Sebuah studi baru-baru ini dari Universitas Harvard menemukan bahwa orang-orang yang makan diet tinggi dalam daging olahan seperti sosis dan hot dog berada pada risiko kematian yang lebih tinggi. Tidak seperti protein hewani, protein nabati dapat membantu menurunkan tekanan darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan risiko penyakit kanker.

"Studi ini mengatakan bahwa meingkatnya 3 persen kalori dari protein nabati dalam tubuh dapat menurunkan risiko kematian hingga 10 persen," kata Shayna Komar, RD, ahli diet di Piedmont Healthcare.

Baca Juga: Jangan Habiskan Antibiotik Sisa, Malah Berbahaya untuk Tubuh

Jangan terlalu stres

Dampak stres pada kesehatan sangat besar, sehingga mengurangi stres adalah salah satu cara untuk menurunkan risiko berbagai penyakit mematikan, seperti jantung dan stroke. Sebuah penelitian dari University of California menemukan bahwa wanita yang mengalami stres kronis memiliki tingkat klotho yang secara signifikan lebih rendah, kloto adalah hormon yang bisa membuat awet muda dan berumur panjang.

Konsumsi lebih banyak buah dan sayur

Mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur merupakan faktor penting dalam hidup. Sebuah penelitian terbaru dari Imperial College London menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi 10 porsi buah dan sayuran sehari memiliki pengurangan risiko penyakit. Hadirnya vitamin, mineral dan serat dalam buah dan sayur dapat menjaga sistem pencernaan dengan baik. Serat juga dapat mengontrol kadar kolestrol dan mengurasi risiko penyakit jantung dan kanker.

makan salad

Bersikap dermawan dan mendukung orang lain

Berhubungan baik dengan orang lain adalah salah satu cara untuk menghilang stres dan membantu kesehatan jantung. Menurut Emma Seppala, PhD, direktur sains dari Pusat Penelitian Altruisme Universitas Stanford, penelitian yang dilakukan relawan lansia menunjukan bahwa berhubungan baik dengan bersikap dermawan dan selalu mendukung secara positif terhadap orang lain dapat membantu memperpanjang umur.

Baca Juga: 6 Sarang Kuman dan Bakteri di Rumah Sakit, Mana Saja?

Tidur yang berkualitas

Banyak orang yang memilii aktivitas super padat sehingga lupa untuk tidur. Padahal tidur merupakan hal penting yang harus dilakukan agar tubuh tetap bugar dan fit. Menurut Richard Shane, PhD, pencipta metode Sleep Easy, sebuah studi menunjukan bahwa tidur yang buruk dapat berisiko terkena berbagai masalah kesehatan, seperti obesitas dan jantung. Kurang tidur dan memiliki tidur yang buruk juga mudah stres dan depresi.

Selalu berpikir positif

Selalu berpikir postif tlah terbukti dapat membantu memperpanjang usia. Sebuah pentlitian terbaru dari Universitas Harverd telah mengamati bagaimana tingkat optimisme dapat memengaruhi kesehatan.

Temuan tersebut menyatakan bahwa seseorang yang tingkat optimisme tinggi, memiliki risiko sekira 16 persen lebih rendah terhadap penyakit kanker, 38 persen lebih rendah terhadap penyakit jantung dan 39 persen risiko lebih rendah terhadap penyakit stroke. Para peneliti percaya bahwa memiliki pandangan positif membuat Anda lebih mungkin untuk terlibat dalam perilaku sehat seperti berolahraga dan makan dengan sehat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini