Share

Tak Hanya Manfaat untuk Kesehatan, Buah Berenuk Juga Bisa Jadi Minuman Segar!

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 19 November 2018 21:40 WIB
https: img.okezone.com content 2018 11 19 481 1979823 tak-hanya-manfaat-untuk-kesehatan-buah-berenuk-juga-bisa-jadi-minuman-segar-rBGR78Ugwv.jpg Manfaat buah berenuk (Foto: Ist)

Indonesia beruntung kaya akan aneka buah-buahan dan sayur mayur yang tidak dimiliki negara lain seperti buah berenuk. Mungkin sebagian besar masyarakat Indonesia tidak mengenal apa itu buah berenuk. Buah ini sekilas hampir mirip dengan buah Maja. Bentuk buahnya buni (bulat), hanya buah Maja relatif lebih kecil dari buah Berenuk.

Rasanya yang pahit, sehingga banyak masyarakat yang memanfaatkan buah ini untuk kesehatan. Namun berkat karya anak muda Indonesia bernama Rezma Hasmi, buah yang menjadi maskot Kota Mojokerto ini mengubah buah berenuk menjadi sari minuman.

Berkat ide kreatifitasnya, Reza pun diapresiasi oleh Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah. Arief yang mengunjungi kediaman Reza pun tak lupa mencoba mencicipi sari buah berenuk yang membawa Reza meraih predikat Pemuda Inspiratif dari Kemenpora.

"Saya baru tahu kalo buah berenuk bisa dijadiin minuman dan menyehatkan. Tahu gini mah dulu buahnya gak dibuang - buangin, eh sekarang malah jadi manfaat," ucap Arief di kediaman Reza yang berlokasi di RW. 08, kelurahan Karangtengah, kecamatan Karangtengah, Tangerang, belum lama ini.

Arief mengusulkan agar lingkungan RW. 08 bisa didorong untuk menjadi Kampung berenuk sesuai dengan nama buah yang sudah mengangkat wilayah tersebut. "Tanam buah berenuk yang banyak, terus jadiin deh Kampung Berenuk," katanya.

Ia berharap agar sari buah berenuk yang sudah diproduksi dapat menjadi komoditi yang baik untuk mengangkat perekomomian masyarakat Karangtengah khususnya di RW. 08.

"Labelin ini produknya, jadi orang tahu nama minumannya apa dan pastiin sudah aman dikonsumsi," jelas Arief.

Sedangkan menurut Reza, sari buah berenuk dapat dijadikan minuman, sedangkan cangkangnya dapat dijadikan pot tanaman.

"Inilah yang membuat saya menciptakan produk ini sekaligus untuk memaksimalkan potensi masyarakat lewat koperasi," ucap Reza

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini