nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stres Bisa Mengganggu Pencernaan, Atasi dengan 4 Hal Ini

Adinda Harum, Jurnalis · Senin 19 November 2018 18:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 11 19 481 1979893 stres-bisa-mengganggu-pencernaan-atasi-dengan-4-hal-ini-6PjAHBqwdF.jpg Ilustrasi (Foto: Bigthink)

STRES adalah gangguan mental yang sering kali dihadapi orang akibat tekanan. Ketika Anda merasakan ancaman atau tantangan besar, hormon akan melonjak ke seluruh tubuh Anda.

Memang tidak semua stres itu tidak buruk, namun terlalu banyak stres juga tidak baik untuk kesehatan dan dapat membahayakan mental dan fisik Anda. Ternyata stres juga berpengaruh pada kesehatan usus Anda loh.

Pengaruh stres pada usus Anda tergantung pada lamanya waktu Anda mengalami stres. Stres jangka pendek dapat menyebabkan Anda kehilangan nafsu makan dan pencernaan Anda melambat. Stres jangka panjang dapat memicu masalah gastrointestinal (GI), seperti konstipasi, diare, gangguan pencernaan, atau sakit perut. Stres kronis dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti sindrom iritasi usus dan gangguan GI lainnya.

 (Baca Juga:Resep Bakso Iga dan Kuahnya yang Lezat Bikin Makan Jadi Lahap)

Salah satu kunci untuk pencernaan yang lebih baik adalah manajemen stres yang teratur. Mengurangi stres dapat menurunkan peradangan di usus, mengurangi gangguan GI, dan membuat Anda tetap bergizi, karena tubuh Anda dapat fokus untuk menyerap nutrisi yang Anda butuhkan.

Tapi jangan khawatir, jika Anda menemukan tingkat stres memengaruhi pencernaan Anda, atasi dengan 4 hal ini seperti dilansir dari Healthline, Senin (19/11/18).

1. Berlatih yoga

Ini adalah cara paling mudah jika Anda terkena masalah stres. Seperti yang banyak orang tahu yoga dapat meningkatkan dan mendukung pencernaan Anda, pastikan juga Anda mendapatkan aktivitas fisik yang cukup secara konsisten, seperti berjalan dan berlari.

 

2. Cobalah untuk meditasi

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa latihan meditasi yang penuh kesadaran, dapat membantu menurunkan peradangan, penanda stres dalam tubuh. Pada gilirannya, ini dapat meringankan sistem pencernaan yang tertekan.

Caranya mudah, cobalah duduk tegak dan ambil 2-4 putaran pernapasan dalam. Tarik napas untuk 4 hitungan, tahan selama 4, dan buang napas selama 4 hitungan.

 (Baca Juga:Ahli Gizi Ungkap 3 Penyebab Cepat Lapar Meski Baru Saja Makan)


3. Konsumsi prebiotik dan probiotik

Prebiotik dan probiotik dapat mengubah susunan bakteri dalam mikrobioma usus dan menciptakan lingkungan yang ideal untuk lebih banyak bakteri baik untuk berkembang dan mendukung pencernaan.

4. Hindari merokok

Jika Anda merasa tingkat stres meningkat, ada baiknya hindari merokok dari sekarang. Penyakit jantung dan pernapasan paling sering dikaitkan dengan merokok, tetapi penelitian juga menunjukkan bahwa kebiasaan buruk dapat memengaruhi sistem pencernaan Anda juga.

Merokok dapat meningkatkan risiko terkena tukak lambung, penyakit GI, dan kanker terkait. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk membuat rencana dan konsultasikan dengan dokter Anda atau praktisi kesehatan untuk membantu Anda mengurangi atau berhenti merokok sepenuhnya.

(tam)

Berita Terkait

Seputar Pencernaan

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini